Archive Pages Design$type=blogging

Organisasi Islam Lahirkan Kader Umat


Organisasi mahasiswa Islam di Indonesia telah banyak memberikan pengaruh positif  dalam dunia politik ataupun agama.  Tidak  sedikit juga tokoh yang lahir dari beberapa elemen organisasi seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) dan Penggerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh keynote speker Nasarudin Umar, Wakil Rektor IV periode 1998-2000 Univesitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dalam acara Konsorsium Islam dan Kebangsaan yang bertajuk Cetak Biru Organisasi Kemahasiswaan Islam Demi Menyongsong Indonesia yang Adil dan Berkeadaban, Senin (15/7). Acara ini diselengarahkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1436 H.

Nasarudin menjelaskan  salah satu tokoh yang berasal dari  HMI  adalah Nurcholish Madjid atau sering disapa Cak Nur. Pria asal Jawa Timur ini seorang cendikiawan dan budayawan Indonesia yang menjadi pencetus konsep pluarisme yang mengakomodasikan keberagaman.

Beda lagi dengan PMII, organisasi ini telah melahirkan Presiden Republik Indonesia yang ke IV 1999-2001 yaitu Abdurrahman Wahid. Selain itu, IMM juga menyumbangkan kader terbaik mereka yaitu Amin Rais yang pernah menjabat sebagai ketua Majelis Permusyawaraan Rakyat (MPR) 1999-2004 dan menjadi bapak reformasi Indonesia.

Di sisi lain, Nasarudin menyayangkan mahasiswa saat ini yang tidak memanfaatkan organisasi sebagaimana mestinya untuk berlatih kepemimpinan dan memetik pelajaran yang tidak ada di bangku kelas. Kurangnya minat mahasiswa terhadap  organisasi juga berimbas pada hal yang seharusnya harus dekat  pada mahasiswa seperti membaca, menulis dan diskusi  yang sekarang dinilai minim peminatnya.

Konsorsium yang diselenggarakan di Auditorium Harun Nasution Jakarta ini dihadiri pula para mahasiswa perwakilan dari empat organisasi.  Dalam kesempatan tersebut,  pemimpin besar dari tiap organisasi diberikan kesempatan unuk berbicara mengenai eksistensi masing- masing organisasi demi menyongsong organisasi mahasiswa yang adil dan berkeadaban.

Seperti yang disampaikan oleh Anan Yana, perwakilan KAMMI. Ia menuturkan untuk tetap mahasiswa menjaga keimanan, ketaqwaan dan kebangasaan mereka untuk menjadi mahasiswa yang berguna bagi bangsa  dam agama. 

Sementara itu, perwakilan HMI Muh. Arief Rasyidah juga angkat bicara dan mengatakan bagaimana peran HMI yang mendidik para kadernya untuk menjadi insan akademis pencipta dan pengabdi yang bernafaskan Islam agar kelak berguna bagi agama dan negara. 

Perwakilan dari PMII, Aminudin Ma’ruf pun memaparkan, mahasiswa harus mempunyai  keseimbangan dalam memperjuangkan agama dan negara karena dua hal tersebut penting dan berkaitan. Beni Pramda perwakilan IMM pun menuturkan, untuk menjadi generasi yang hebat, tidak harus selalu masuk dalam dunia politik, namun yang penting bagaimana bisa menjadikan organisasi menjadi sebuah alat untuk berdakwah agama dan memerdekan bangsa.

Dari pemaparan ideologi tersebut, meski  tiap organisasi memiliki dasar pemikiran yang berbeda, tetap memiliki tujuan yang sama yaitu pengabdian agama dan negara. Hanya saja, caranya yang berbeda untuk mencapai tujuan tersebut.

 Kalau dulu, banyak sensitifitas yang tinggi. Akan tetapi, semua organisasi mahasiswa islam mempunyai tujuan yang sama yaitu mempertahankan agama Islam dan bangsa kita untuk terus jaya,” ungkap selaku ketua pelaksana Rakhmat Abril Kholis, Senin  (15/7).

Dengan diselenggarakan konsorsium ini, sambung Rahkmat, diharapkan semua mahasiswa  bisa paham akan visi dan misi dari seluruh organisasi besar mahasiswa Islam.  Meski ada perbedaan, tiap organisasi hendaknya tidak saling menjatuhkan satu sama lain. “Kita bersama-sama harus saling melengkapi dan menyatukan tujuan memajukan bangsa dan agama,” tutupnya.

LSA
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Organisasi Islam Lahirkan Kader Umat
Organisasi Islam Lahirkan Kader Umat
https://1.bp.blogspot.com/-v-fS_op0a_8/V3alyaGRB7I/AAAAAAAAHhU/HdCC3uPHxCQ1VOrOuFhrk7jXEq691zfPwCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-v-fS_op0a_8/V3alyaGRB7I/AAAAAAAAHhU/HdCC3uPHxCQ1VOrOuFhrk7jXEq691zfPwCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/06/organisasi-islam-lahirkan-kader-umat_17.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/06/organisasi-islam-lahirkan-kader-umat_17.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago