Archive Pages Design$type=blogging

Marginalisasi dan Konstruksi Keberadaban Civil Society

(Sumber: Internet)

Judul               : Marginalisasi dan Keberadaban Masyarakat
Penulis             : Catur Wahyudi
Penerbit           : Yayasan Pustaka Obor
Isi                    : 288 halaman
Terbit               : Cetakan pertama: Januari 2015
ISBN               : 978-979-461-922-3

Tradisi civil society menentukan tingkat keberhasilan kinerja institusi dalam sebuah negara. Hal tersebut menunjuk kepada organisasi masyarakat  yang memiliki keberagaman budaya serta nilai-nilai keberadaban. Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles dengan Istilah  koinonia politike, maksudnya, rakyat yang memiliki otoritas tertinggi dalam permainan politik dan ekonomi.

Dalam perspektif Islam, tradisi tersebut pertama kali dicontohkan Nabi Muhammad pada masyarakat Madinah. Beliau membangun integritas masyarakat yang plural melalui pendidikan berkarakter.

Buku yang ditulis oleh Catur Wahyudi ini, mengungkapkan konsep baru mengenai kemampuan bertahan (survive), sebuah gerakan civil society yang menjadi korban konflik dan termarginalkan. Penulis menggunakan pendekatan sosiologi agama, dengan mengambil contoh kasus Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI).   

Gerakan civil society pada JAI mencakup motif dan orientasi gerakan serta nilai-nilai budaya. Dengan kata lain, inti kekuatan dari gerakan JAI merupakan realitas empirik dari karakter Ahmadiah itu sendiri. Eksistensi JAI sebagai civil society tidak ditentukan oleh keberadaan tekanan dari luar, melainkan oleh kekuatan nilai budaya yang menjadi kepribadian jemaatnya itu.

Buku setebal 228 halaman ini, menggambarkan bahwa posisi JAI sebagai komunitas marginal dalam gerakan civil society memiliki keberdayaan, kemandirian, dan keberanian mempertahankan keyakinannya. Sebagai gerakan keagamaan, Ahmadiyah termasuk kaum minoritas yang dapat bertahan di tengah masyarakat.

Selain itu, penulis memaparkan bahwa eksistensi gerakan civil society pada komunitas Islam marjinal lebih ditentukan oleh nilai dan budaya civility. Fakta lainnya menunjukkan bahwa JAI identik dengan global civil society melalui pengkayaan keberadaban. Ada tiga civil society yang berbasis kepribadian Ahmadiyah yaitu, menguatkan keberadaban ilahiyah, orientasi dan perjuangan bernilai supranatural, serta mubahalah, yakni berhakim kepada tuhan atas perbedaan paham dan keyakinan.


Buku ini ditulis dalam kajian sosiologi agama, sehingga pembaca bisa melihat bagaimana civil society bisa tumbuh dalam komunitas marginal yang terus menerus mendapat aksi kekerasan dan terabaikan. 

Z

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Marginalisasi dan Konstruksi Keberadaban Civil Society
Marginalisasi dan Konstruksi Keberadaban Civil Society
http://2.bp.blogspot.com/-3c5vTfVNoRw/VXVQICj_caI/AAAAAAAAE6g/7RVAc56zysE/s400/Marginalisasi_dan_Keberadaban_Masyarakat_-_YOI.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-3c5vTfVNoRw/VXVQICj_caI/AAAAAAAAE6g/7RVAc56zysE/s72-c/Marginalisasi_dan_Keberadaban_Masyarakat_-_YOI.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/06/marginalisasi-dan-konstruksi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/06/marginalisasi-dan-konstruksi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago