Archive Pages Design$type=blogging

Jadikan Kepedulian Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa

Hari itu, sekitar pukul 14.00 WIB, Rabu (20/5), beberapa Mahasiswa Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berkeliling besment sembari membawa sebuah kotak penggalangan dana untuk operasi Fadly. Tepat di bagian depan kotak itu tertempel foto Fadly, seorang anak asal Bogor yang berusia enam tahun dan tidak  memiliki lubang anus.

Mahasiswa yang menggalang dana untuk Fadly tergabung dalam sebuah gerakan Koin for Fadly. Gerakan ini bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) SKI, Komunitas Vespa, All Bikers Jakarta, dan Komunitas Musik Bogor. “Nantinya, kami berencana kerja sama dengan Dompet Dhuafa,” kata Faisal Ma’arif, ketua gerakan Koin for Fadly, Jum’at (5/6).

Biasanya, Faisal dan kawan-kawan mencanangkan tujuannya tiap Jumat, Sabtu dan Minggu. Terkait hal itu, sambung Faisal, gerakan yang digagas salah seorang Mahasiswa SKI ini tak melulu direspons baik oleh mahasiswa. Meski begitu, penggalangan dana yang tengah berjalan selama tiga minggu ini sudah mendapat sekitar Rp 3 juta, sekitar 10 persen dari target.

Faisal menambahkan, gerakan Koin for Fadly adalah salah satu bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat. “Jadi, peran mahasiswa tak hanya sibuk mengkaji mata kuliah, tapi juga peduli lingkungan, “ ujar Faisal.

Selain itu, tambah Faisal, Gerakan Koin for Fadly juga mengingatkan mahasiswa tentang tiga kompetensi mahasiswa, yaitu intelektualitas, religiusitas, dan humanitas. Hal itu pun dibenarkan Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM), Djaka Badranaya. Ia mengatakan, banyak Mahasiswa UIN Jakarta yang memiliki kepedulian sosial.

Seiring dengan perannya dalam pengabdian pada masyarakat, Djaka mengungkapkan, program PPM selanjutnya mengadakan sharing bersama alumni UIN yang memiliki kiprah sosial. “Untuk mempromosikan kepedulian terhadap masyarakat, kami akan mengundang komunitas anak jalanan, relawan buruh bantu, dan kelompok difabel,” kata Djaka, Kamis (4/6).

Sayangnya, hingga saat ini, program PPM belum terealisasikan dengan baik. Hal itu dibuktikan, dari belum adanya koordinasi antara pihak PPM dan mahasiswa, misalnya Gerakan Koin for FadlySebagai ketua gerakan, Faisal mengaku tidak ada kerja sama dengan pihak PPM. “Dalam gerakan ini kami berdiri sendiri, lagi pula kami tidak tahu PPM dan apa fungsinya,” ujar Faisal.

Menanggapi hal tersebut, Djaka mengaku, program PPM yang berjalan masih sebatas konvensional, seperti  Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan program pengabdian dosen.  Sebenarnya, lanjut Djaka, ia tak tahu program PPM sebelumnya, karena ia baru menjabat sebagai ketua PPM tahun ini. Pada intinya, ia sangat mengapresiasi mahasiswa yang memiliki kepedulian terha dap sesama. “Semoga kepedulian terhadap masyarakat bisa menjadi gaya hidup mahasiswa,” tutup Djaka.


 DF
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Jadikan Kepedulian Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa
Jadikan Kepedulian Sebagai Gaya Hidup Mahasiswa
https://3.bp.blogspot.com/-OsZHqiTDY5A/V3ahE436xoI/AAAAAAAAHg0/kiK1IANLG-odXi5FcbRgHmo7Hv0pXN1-gCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-OsZHqiTDY5A/V3ahE436xoI/AAAAAAAAHg0/kiK1IANLG-odXi5FcbRgHmo7Hv0pXN1-gCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEB%2B00.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/06/jadikan-kepedulian-sebagai-gaya-hidup.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/06/jadikan-kepedulian-sebagai-gaya-hidup.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago