Archive Pages Design$type=blogging

Gedung Perpustakaan dan Parkir Tak Kunjung Rampung


Muhammad Ali Meha (Kepala bagian umum UIN Jakarta)
Gedung perpustakaan sekaligus gedung parkir Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta masih dalam proses pembangunan. Menurut Kepala Bagian (Kabag) Umum UIN Jakarta Muhammad Ali Meha, pembangunan tersebut baru mencapai tahap 60%.


Sampai saat ini, belum ada kelanjutan pembangunan karena masih proses pelelangan. Padahal, sesuai masterplan UIN Jakarta, bangunan tersebut seharusnya sudah bisa digunakan pada akhir 2015. Lantas, bagaimana kelanjutan pembangunan gedung tersebut? Berikut hasil wawancara reporter LPM Institut, Arini Nurfadilah, Kamis (23/4).


Kapan gedung perpustakaan dan parkir bisa digunakan?

Sebenarnya, pihak kampus menginginkan akhir 2015 ini tuntas. Itu sesuai dengan masterplan dan anggaran. Kami sedang mengusahakan agar Desember tahun ini mahasiswa dapat menggunakan gedung ini.


Sudah sejauh mana proses pembangunannya?

Sudah mencapai tahap ketiga, yaitu finishing, sekitar 60%. Namun, saat ini, pembangunannya ditunda karena adanya proses lelang ulang proyek gedung. Jadi, pada Maret lalu, sebetulnya sudah ada lelang, tapi gagal karena hanya dua perusahaan yang masuk penyeleksian.


Perusahaan pertama gagal karena harga yang tak sesuai, dan perusahaan kedua gagal karena tidak lulus uji berkas oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) UIN Jakarta. Maka dari itu, UIN harus melakukan pelelangan ulang proyek tersebut dan baru bisa melanjutkan pembangunannya pada Juni.


Berdasarkan peraturan pemerintah, setiap pembangunan yang menghabiskan dana lebih dari Rp 200 juta maka harus dilelang terbuka melalui Lembaga Pengadaan Secara Online (LPSO). Lembaga ini membantu proses penyeleksian dokumen sebelum diseleksi ulang oleh ULP UIN Jakarta.


Berapa dana yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut?


Sesuai anggaran yang telah dibuat, harus ada Rp 50-60 miliar. Sedangkan, saat ini, dana yang terkumpul baru mencapai Rp 46 miliar. Pasalnya, masih ada beberapa komponen yang belum bisa diselesaikan.

Perihal dana, UIN tidak memiliki dana khusus dari kampus untuk pembangunan gedung tersebut. Semua anggaran dimasukkan dalam Anggaran Pembangunan belanja Negara (APBN) dan proyek pembangunannya ditanggung oleh perusahaan yang menang di proses lelang baik LPSO maupun ULP.


Saat ini, ada berapa perusahaan yang ikut pelelangan gedung?


Saat ini, kurang lebih ada sekitar 30 perusahaan yang sudah terdaftar sebagai pelelang.


Lalu, Apa saja kendala pembangunan gedung tersebut?


Hambatan dalam proses pembangunannya soal lelang yang harus dilakukan dua kali. Padahal, jika Maret lalu tak ada dokumen yang ganjil, proses kerja bisa dilanjutkan. Bahkan, mungkin pembangunan gedung tersebut bisa selesai lebih awal.

Arini Nurfadilah

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Gedung Perpustakaan dan Parkir Tak Kunjung Rampung
Gedung Perpustakaan dan Parkir Tak Kunjung Rampung
http://4.bp.blogspot.com/-0WiJ2Bg7tIY/VYUg8r2BUDI/AAAAAAAAFCA/tEgorA0Ja2I/s400/20150430_092018.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-0WiJ2Bg7tIY/VYUg8r2BUDI/AAAAAAAAFCA/tEgorA0Ja2I/s72-c/20150430_092018.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/06/gedung-perpustakaan-dan-parkir-tak.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/06/gedung-perpustakaan-dan-parkir-tak.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago