Archive Pages Design$type=blogging

Uinjktvidgram: Kemas Kehidupan dalam Video Kreatif


Hiburan menjadi salah satu kebutuhan manusia untuk meringankan pikiran dari kehidupan sehari-hari. Media sosial menjadi cara untuk menyebarkan kegembiraan tersebut, salah satunya Instagram. Akses dan penggunaan yang mudah, membuat salah satu aplikasi berbagi video tersebut sangat banyak penggunanya.

@uinjktvidgram, salah satu akun hiburan beranggotakan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta. Komunitas video instagram (vidgram) yang terdiri atas Jordi Moenalsyah, Caesar Nova Arrasyid, Mutiara Lestari Putri, dan Akbar Firmansah Munarfa, terbentuk pada awal Maret 2015.

Awalnya, Jordi ingin memberikan hiburan kepada orang lain melalui media sosial, salah satunya Instagram. Menurutnya, akun itu sedang menjadi tren. Maka dari itu, Jordi mengajak ketiga temannya untuk membuat video. “Kita share di Instagram karena lebih mudah diakses,” ujar Jordi, Selasa (26/5). Selain itu, komunitas ini juga bertujuan untuk memperluas pergaulan dan menambah kreativitas.

Selain itu, kesibukan yang membuat mereka jarang berkumpul, membuat video yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Hal itu yang membuat mereka berkeinginan mempunyai keluarga baru. “Kalau mau gabung silakan. Tapi kita tetap menuntut kreativitas,” ungkap Jordi. Syarat utama untuk menjadi anggota uinjktvidgram adalah mahasiswa UIN Jakarta.

Dalam kepengurusan uinjktvidgram saat ini, Jordi mengaku tidak ada jabatan di dalamnya. “Enggak ada jabatan dalam uinjktvidgram, karena kita semua keluarga,” ungkap mahasiswa semester dua jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) ini.  

Uinjktvidgram bertujuan mengemas kehidupan UIN dalam video kreatif. Inspirasi karya mereka berasal dari kehidupan sehari-hari mahasiswa di UIN Jakarta. 

Selain karya sendiri, uinjktvidgram juga merilis video dari pengikut akun mereka yang menyertakan hashtag #uinjktvidgram pada videonya. “Kriteria video repost di antaranya tidak mengandung unsur sara dan harus UIN banget,” ungkap Caesar, saat ditanya apa saja syarat video kiriman yang dapat mereka rilis.

Ada 3 jenis video yang ditampilkan akun @uinjktvidgram. Pertama, video musik dengan menyertakan #uinmusic. Lalu, video komedi dengan tanda #uincomedy. Sedangkan, #uincreative untuk video kreatif seperti stop motion.

Saat ini, ujar Jordi, pengikut akun @uinjktvidgram berjumlah lebih dari 500 orang. Atas pencapaian tersebut, Jordi berharap agar masyarakat dan mahasiswa pada khususnya dapat mengetahui uinjktvidgram sebagai media alternatif mencari hiburan. 

“Ke depannya, uinjktvidgram tidak akan hanya ada di Instagram, tapi kita berharap lebih luas seperti di Youtube,” tambah mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) ini.

Selain karya sendiri dan repost, uinjktvidgram juga berkolaborasi dengan pihak lain untuk membuat karya. “Saat ini kita sedang bikin film pendek sama Kuat Iman,” ujar Jordi. Kuat Iman adalah salah satu komunitas yang bergerak dalam membuat video dan film pendek.

Menurut Jordi, dengan bekerjasama dengan pihak lain, kreativitas akan bertambah. Selain itu, kerjasama juga dapat memberikan pelajaran untuk menuju arah yang lebih baik.

ER

         


Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Uinjktvidgram: Kemas Kehidupan dalam Video Kreatif
Uinjktvidgram: Kemas Kehidupan dalam Video Kreatif
https://1.bp.blogspot.com/-xOrresUGn6I/V4I922zJPEI/AAAAAAAAHls/mBx-0WIJS2oGTLx-RC-zvrp2RLJTJ3qSACLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xOrresUGn6I/V4I922zJPEI/AAAAAAAAHls/mBx-0WIJS2oGTLx-RC-zvrp2RLJTJ3qSACLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/05/uinjktvidgram-kemas-kehidupan-dalam.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/05/uinjktvidgram-kemas-kehidupan-dalam.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago