Archive Pages Design$type=blogging

Tingkatkan Kemampuan Bisnis Mahasiswa


Kebutuhan mahasiswa terhadap ilmu tak sebatas dari bangku kelas ketika kuliah saja. Lebih dari itu, banyak kegiatan di luar kelas sebagai penunjang pengetahuan sejalan dengan ilmu di jurusan yang mereka geluti. Salah satunya, forum diskusi Center For Islamic Economics Studies (COINS).

Berawal dari inisiatif lima mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) yang terbiasa berdiskusi di besmen gedung fakultas. Mereka memutuskan untuk membuat forum yang bertujuan untuk meningkatkan intelektual mahasiswa di bidang ekonomi Islam.  “Tak jarang pola pikir mahasiswa menjurus kepada sistem perekonomian yang praktis,” kata Peni Ramdani, salah satu pengurus COINS.


Demi menghindari hal tersebut, mahasiswa hendaknya memiliki empat mind gold, yaitu leadership, entrepreneur, academic, dan professional. Peni melanjutkan, main gold tersebut dibekali pada setiap anggota saat mengikuti kegiatan Coins Education Training and Sugestion (CENTRAL).


Untuk menanamkan mind gold, leadership dan academic setiap minggunya, mahasiswa yang tergabung berdiskusi mengenai berbagai permasalahan ekonomi dunia dengan tema yang ditentukan oleh direktur COINS. Misalnya, peran ekonomi Islam terhadap ekonomi nasional dan global atau ekonomi konvensional yang mencakup kapitalis dan sosialis sebagai perbandingan.


Selain itu, komunitas yang berdiri sejak 2012 ini rutin pula menonton film untuk kemudian dianalisis bersama. Peni menuturkan, lebih banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini selain anggota COINS. Analisa film bertujuan untuk memetik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam film yang mereka tonton.


Sedangkan, untuk menanamkan mind gold, entrepreneur dan professional, anggota COINS dilatih dengan belajar berbisnis. Pengurus Divisi Kewirausahaan menyediakan peluang bagi mereka untuk membuka usaha dengan memberikan modal awal berwirausaha.


Salah satu usaha yang telah dirintis ialah menyablon berbagai macam barang, seperti kaos, goody bag, topi dan lain-lain. Seluruh jasa sablon ini dikerjakan langsung oleh para anggota COINS secara mandiri dari pengadaan alat hingga desain. Hasil produksi mereka diberikan merek CORP.


Divisi lainnya, yaitu Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) bertugas untuk mengatur kegiatan CENTRAL, Divisi Kajian dan Riset untuk mengatur kegiatan kajian, dan Divisi Media komunikasi dan Informasi (Medkominfo) untuk mengatur pembuatan bulletin   COINS.

FAS 

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Tingkatkan Kemampuan Bisnis Mahasiswa
Tingkatkan Kemampuan Bisnis Mahasiswa
https://3.bp.blogspot.com/-R9c9WXeGo4s/V4I8IXUJJbI/AAAAAAAAHlQ/2leW-MeGzxg8X8hzsrOTLzTRM3D_XaSAQCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-R9c9WXeGo4s/V4I8IXUJJbI/AAAAAAAAHlQ/2leW-MeGzxg8X8hzsrOTLzTRM3D_XaSAQCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/05/tingkatkan-kemampuan-bisnis-mahasiswa.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/05/tingkatkan-kemampuan-bisnis-mahasiswa.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago