Archive Pages Design$type=blogging

Sisipkan Diplomasi Lewat Sepak Bola


Olahraga tidak hanya sekadar permainan, di dalamnya tersirat nilai-nilai yang tak pernah diduga. Salah satu nilai tersebut adalah diplomasi. Maksudnya, melalui olahraga seseorang dapat menjalin komunikasi dengan orang lain.

Hal itu disampaikan Australian Professional Female Football Player (Football United Sydney), Assmah Hellal, dalam seminar bertajuk Football and Diplomacy: Female, Football and Fun di Auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta, Kamis (28/5). Acara ini diselenggarakan oleh FISIP, bekerja sama dengan International Center for Islamic and Pluralsm (ICIP) dan Kedutaan Australia.

Assmah mengatakan, olahraga terutama sepak bola memberikan banyak pembelajaran atau manfaat yang dapat diambil. Dalam olahraga sepak bola, pemain diajarkan kerjasama tim dan kepercayaan diri dalam bertanding. Selain itu ketika sedang bertanding dengan lawan dari negara lain, berarti mereka juga melakukan komunikasi dengan orang lain.  “Sepak bola merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai negara,” tambah pemain sepak bola muslim profesional asal Australia ini, Kamis (28/5).

Walau sepak bola identik dengan laki-laki, lanjut Assmah, bukan berarti perempuan tidak mampu untuk menjadi pemain sepak bola professional. “Bermain sepak bola dengan menggunakan hijab bukan hal sulit bagi saya,” kata Asshmah, Kamis (28/5).

Senada dengan Assmah, Direktur ICIP, Syafiq Hasyim menjelaskan, sepak bola dapat menjadi jalan untuk mempersatukan berbagai individu. Perbedaan bangsa, negara, suku, ras, dan agama akan bersatu dalam sebuah olahraga sepak bola. “Sepak bola dapat menjadi jalan keluar untuk resolusi konflik yang ada,” ujarnya, Kamis (28/5).

Seminar yang dibarengi dengan coaching clinic dari Asahmah ini menarik perhatian sejumlah mahasiswa FISIP. Salah satu mahasiswi Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI) FISIP, Amelia Khairunnisaa mengatakan, acara ini menjadi salah satu bukti bahwa perempuan dapat melakukan olahraga yang identik dengan laki-laki.

Di coaching clinic kita diajari teknik dasar bermain bola. Langsung praktek bermain sepak bola itu seru,” ucapnya, Kamis (28/5).


KA
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Sisipkan Diplomasi Lewat Sepak Bola
Sisipkan Diplomasi Lewat Sepak Bola
https://1.bp.blogspot.com/-xd52yRU2YFI/V4I6gbksR6I/AAAAAAAAHk0/N8-DDQAs-AMq-S-toR3EmY6uOWqOCNUnACLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xd52yRU2YFI/V4I6gbksR6I/AAAAAAAAHk0/N8-DDQAs-AMq-S-toR3EmY6uOWqOCNUnACLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/05/sisipkan-diplomasi-lewat-sepak-bola.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/05/sisipkan-diplomasi-lewat-sepak-bola.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago