Archive Pages Design$type=blogging

Harapan di Balik Tembok Shawshank


Judul               : The Shawshank Redemption   
Sutradara         : Frank Darabont
Tahun              : 1994
Durasi              : 2 Jam 22 Menit
Genre              : Action
                                                                                                                       
Andy Dufrens (Tim Robbins) adalah seorang bankir muda yang cerdik. Andy dijatuhi hukuman seumur hidup atas tuduhan membunuh istrinya yang berselingkuh dengan seorang pemain golf profesional.

Di penjara, Andy bertemu dengan Red (Morgan Freeman) yang akhirnya menjadi sahabatnya. Di sana, Andy bekerja di bagian laundry penjara. Baru beberapa hari di hotel prodeo itu ia dipukuli oleh geng homo seksual “the sister” karena menolak bergabung dengan mereka.

Setelah itu, Andy dan beberapa narapidana lain mendapat tugas dari kepala sipir, Captain Hadley untuk  mengaspal atap pabrik. Ia mendengar keluhan Hadley tentang tagihan pajaknya yang sangat tinggi, lalu Andy menawarkan diri untuk menurunkan tagihan pajak tersebut dengan cara yang legal.

Tindakan Andy sempat dianggap Hadley sebagai sikap yang lancang. Tapi akhirnya Hadley setuju dan menerima syarat Andy untuk memberi tiga botol bir kepada setiap rekan kerjanya selama mengaspal atap.

Kemampuan Andy untuk mengatur finansial tersebar dengan cepat di Shawshank. Setelah itu, Andy dipertemukan Hadley dengan kepala penjara Shawshank, Warden Norton. Andy kemudian diminta untuk mengurus perpustakaan bersama narapidana tua, Brooks. Hal ini dilakukan Norton agar Andy dapat membantunya untuk melakukan pencucian uang.

Andy menajalani rutinitasnya dengan bekerja di perpustakaan dan melakukan pencucian uang untuk Norton. Ia juga diizinkan untuk mengirim surat kepada pemerintah setempat untuk menambah koleksi buku dan memperbaiki perpustakaan penjara.

Setelah enam tahun, akhirnya surat yang dikirimnya membuahkan hasil. Perpustakaan penjara mendapat tambahan koleksi buku dan beberapa piringan hitam. Ruangan yang hanya memiliki beberapa rak buku ini kemudian dirubah menjadi lebih luas.



Entah terispirasi dari mana, Andy memutar musik dan menyiarkannya melalui pengeras suara. Tindakan tersebut membuat kepala penjara Norton marah dan menghukumnya di ruangan yang gelap selama satu bulan. Hukuman itu merupakan yang terlama bagi narapidana di Shawshank.

Setelah menyelesaikan hukumannya, Andy berbicara dengan Red tentang harapannya di masa depan. Andy juga mengatakan kepada Red, bahwa ia akan menghabiskan hidupnya di sebuah pantai terpencil di Samudera Pasifik tepatnya di Zhuantanejo, Mexico. Tapi Red mengabaikan pernyataan Andy, karena tidak mungkin membayangkan hal seperti itu di Shawshank.

Suatu malam akhirnya Andy melarikan diri dari penjara dengan membawa buku hasil pencucian uang Norton melalu dinding yang sudah di galinya selama kurang dari 20 tahun. Tindakan seperti ini tak pernah terpikirkan oleh seorang napi pun di Shawshank.

Setelah itu ia kabur melalui pipa saluran kotoran penjara sepanjang 500 yard. Andy juga mengirimkan semua catatan keuangan yang telah ditulisnya untuk Norton kepada polisi setempat. Kepala penjara Norton dan Captain Bayron Hadely akhirnya di tangkap karena kasus pencucian uang. 

Kisah Andy Dufferens ini menggambarkan harapan yang tak pernah hilang walaupun di batasi tembok penjara. Harapan itu ada di dalam diri dan tak seorangpun dapat merenggutnya. Andy membuktikan perkataanya kepada Red bahwa harapan adalah hal yang bagus dan mungkin yang tebaik.  Ia pun berhasil kabur dari Shawshank dan pergi ke tempat impiannya.

Film dengan judul Shawshank Redemption ini dirilis tahun 1994. Selama 2 jam 22 menit, film ini mengajarkan kita untuk tidak berhenti berharap dalam keadaan yang sulit sekalipun.
Lihat review-nya disini:

SF
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Harapan di Balik Tembok Shawshank
Harapan di Balik Tembok Shawshank
https://2.bp.blogspot.com/-xRB9-1FV5bA/VWaZH25ze_I/AAAAAAAAExM/R1Uh6I02ego/s400/ShawshankRedemptionMoviePoster.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-xRB9-1FV5bA/VWaZH25ze_I/AAAAAAAAExM/R1Uh6I02ego/s72-c/ShawshankRedemptionMoviePoster.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/05/harapan-di-balik-tembok-shawshank.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/05/harapan-di-balik-tembok-shawshank.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago