Archive Pages Design$type=blogging

Gebrakan Dahlan dalam Mengelola PLN

(Sumber: Internet)

Judul               : Indonesia : Habis Gelap Terbitlah Terang
Editor              : Ishadi S.K.
Penerbit           : B-First
Isi                    : 206 Halaman
Terbit               : Desember 2011
ISBN               : 978-602-8864-44-2

Desember 2009, merupakan hari bersejarah untuk Dahlan Iskan. Kiprahnya di dunia jurnalistik berlanjut hingga menjadi Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN). Mantan Chief Executive Officer (CEO) Jawa Pos ini, menggantikan Fahri Muhtar yang habis masa jabatannya.

Pada awal pelantikannya menjadi Dirut PLN banyak orang meragukan kompetensi Dahlan, sapaan akrabnya. Beberapa karyawan yang terdiri dari Serikat Pekerja PLN dan Reforminer Institute menolak pelantikan Dahlan Iskan. Mereka menganggap, Dahlan tidak berpengalaman dalam bidang manajemen listrik.

Suasana di kantor pusat PLN terlihat kacau balau saat pelantikan Dahlan Iskan. Beberapa poster yang mendiskriminasikannya. “Dahlan Iskan Masuk – PLN Ambruk!”; “Tolak Dahlan Sebagai Dirut PLN!” ialah sebagaian poster yang terpampang di sela gedung tersebut.

Riuh pendemo turut menambah kekacauan di sekitarnya. Setelah empat hari melakukan demo, para pegawai akhirnya mau diajak bicara dengan Dahlan Iskan.

Sebulan semenjak Dahlan dilantik, ia segera mencari solusi untuk mengatasi pemadaman listrik bergilir. Ia pun menginstruksikan beberapa karyawannya untuk segera berkeliling ke semua kota yang sering mengalami pemadaman. “Jangan pulang ke Jakarta sebelum ada kepastian pemulihan pemadaman itu,” Tegas Dahlan. (Hal. 75)

Upaya mengatasi pemadaman listrik berhasil secara bertahap. Penambahan sebagian trafo, alat pemindah tenaga listrik di Jakarta dan daerah sekitarnya selesai dilakukan. Kini, beberapa daerah terpencil seperti Manokwari, Nadire, Bintuni, dan Wondama dapat merasakan manfaat dari energi listrik.

Beberapa gebrakan baru dibuat oleh PLN saat dipimpin oleh Dahlan Iskan. Salah satunya ialah dengan menyusun program Gerakan Sehari Sejuta Sambungan (GRASS). Melalui gerakan tersebut, proses penyambungan listrik di berbagai daerah pun dapat dilakukan dengan mudah.

Gebrakan lain di masa kepemimpinan Dahlan Iskan adalah pembayaran listrik secara online. Kini, masyarakat tidak perlu antre cukup lama dalam membayar tagihan. Melalui program Payment Point Online Bank (PPOB), warga dapat membayar tagihan bulanan kepada bank mitra PLN.

Program baru yang dilaksanakan oleh Dahlan, membuat pegawai percaya pula dengan kinerja dirinya. Kualitas para pekerja juga meningkat di masa kepemimpinan Dahlan Iskan.

Buku Habis Gelap Terbitlah Terang merupakan buku yang merangkum perjalanan Dahlan Iskan selama menjabat menjadi Dirut PLN. Pengalamannya menjadi Dirut PLN berhasil dikupas secara mendalam dari berbagai tokoh yang selama ini mengenalnya.

Pemahaman pembaca dalam menyusun buku ini cenderung mudah karena bahasanya yang lugas. Namun, meski buku ini ditulis oleh berbagai penulis, pesan yang dituangkan tetap sama, yakni ingin menceritakan sisi positif kepemimpinannya tanpa menuliskan satu pun sisi negatifnya.

Rizky Rakhmansyah

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Gebrakan Dahlan dalam Mengelola PLN
Gebrakan Dahlan dalam Mengelola PLN
https://4.bp.blogspot.com/-a32iSsODtcw/VUtuqBw5UFI/AAAAAAAAEnM/AVNdOe4v4sc/s320/indonesia-habis-gelap-terbitlah-terang-kisah-inspiratif-dahlan-iskan.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-a32iSsODtcw/VUtuqBw5UFI/AAAAAAAAEnM/AVNdOe4v4sc/s72-c/indonesia-habis-gelap-terbitlah-terang-kisah-inspiratif-dahlan-iskan.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/05/gebrakan-dahlan-dalam-mengelola-pln.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/05/gebrakan-dahlan-dalam-mengelola-pln.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago