Archive Pages Design$type=blogging

Dede Rosyada : Tak Semua Mahasiswa Ber IPK Empat Itu Cerdas



Sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia berhasil menyelenggarakan berbagai pemilihan dengan sistem demokrasi. Dalam demokrasi, siapapun berhak memilih dan dipilih. Untuk itu, demokrasi merupakan sistem politik yang dirasa mampu mengakomodir seluruh kepentingan rakyat.

Demikian diutarakan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Dede Rosyada saat membuka Seminar Nasional bertajuk “Mahasiswa dan Dinamika Demokrasi Indonesia”, di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Senin (11/5). Seminar ini sebagai pembuka Musyawarah Perwakilan Mahasiswa Universitas (MPMU) 2015.

Untuk memahami demokrasi Indonesia, lanjut Dede, sebaiknya mahasiswa UIN harus merasakan demokrasi itu sendiri dengan menjadi mahasiswa cerdas, berperilaku jujur dan selalu berpikir kreatif dalam segala bidang. “Tak semua mahasiswa ber IPK empat itu cerdas,” ujarnya.

Senada dengan Dede, Pimpinan Rakyat Merdeka Online, Teguh Santosa menjelaskan, ada tiga sistem politik berpengaruh di dunia yakni otoritarian, anarkisme, dan demokrasi. Otoritarian merupakan sistem mengutamakan kekuatan, artinya yang paling kuat dialah pemimpin. “Sistem ini memungkinkan rakyat harus mengikuti semua kemauan pemimpin,” jelasnya.

Selain otoritarian, sistem politik anarkisme juga mengutamakan kekuatan. Sebab, sistem tersebut nantinya akan bermuara pada perbuatan anarkis. Dengan demikian, saat ini banyak negara menerapkan sistem demokrasi dalam pemerintahannya termasuk Indonesia. Demokrasi lebih menjunjung tinggi kepentingan rakyat, kejujuran, dan perdamaian. “Demokrasi itu sistem yang membutuhkan akal sehat, kesabaran, dan rasa menghargai,” ungkapnya. 

Menanggapi itu, Kepala Bidang Pendampingan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Sofwan mengatakan, Indonesia menganut sistem demokrasi pancasila. Demokrasi Ini merupakan keinginan bangsa dan negara Indonesia. Hal ini berdasarkan sila keempat pancasila berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Ia menambahkan, tahapan terpenting dalam demokrasi ialah musyawarah. Banyak pelajaran yang diperoleh dari bermusyawarah di antaranya membentuk karakter kepemimpinan, menahan diri ingin menang sendiri, dan menghargai pendapat orang lain. “Baiknya pemuda turut berperan aktif dalam membangun demokrasi  Indonesia,” katanya.    

Adanya anggapan demokrasi yang tak sejalan dengan Islam ditampik Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraeni. Ia mengatakan,  hal tersebut tidak berlaku di Indonesia. Terbukti, banyak sudah pemilihan yang berlangsung damai, walaupun masih ditemukan kekurangan dalam penyelenggaraannya. “Demokrasi tak bisa dilakukan sendiri, karena demokrasi itu untuk rakyat,” tutupnya.

Yasir Arafat
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Dede Rosyada : Tak Semua Mahasiswa Ber IPK Empat Itu Cerdas
Dede Rosyada : Tak Semua Mahasiswa Ber IPK Empat Itu Cerdas
https://3.bp.blogspot.com/-LNbtNNGKQlA/V4JCRIBeUvI/AAAAAAAAHmw/9vl9NqfmSes10bJ7O_yF29NkCGekiKSrQCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-LNbtNNGKQlA/V4JCRIBeUvI/AAAAAAAAHmw/9vl9NqfmSes10bJ7O_yF29NkCGekiKSrQCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/05/dede-rosyada-tak-semua-mahasiswa-ber_12.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/05/dede-rosyada-tak-semua-mahasiswa-ber_12.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago