Archive Pages Design$type=blogging

Kurangnya Toleransi Antar Umat Beragama




Judul                : ? (Tanda Tanya)
Tahun               : 2011
Sutradara         : Hanung Bramantyo
Durasi              : 102 Menit
Genre              : Drama

Saat ini, kerukunan antar umat beragama jarang ditemukan di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan minimnya budaya toleransi serta pandangan yang mengaggungkan agama sendiri. Padahal, Indonesia dikenal sebagai negara pemiliki suku, etnik, dan agama yang beragam.

Gambaran cerita tersebut terangkum dalam film berjudul ? (Tanda Tanya). Film garapan Hanung Bramantyo menceritakan perihal pro kontra masyarakat dalam menyikapi seseorang yang berbeda agama.

Minimnya budaya toleransi antar umat beragama dirasakan oleh keluarga Tan Kat Sut. Keluarga beragama Kong Hu Chu, yang mengelola restoran Chinese di  Semarang. Tidak jarang pula, ia mendapat hujatan karena hidangan utama yang disajikan berbahan dasar daging babi.


Walaupun, bahan utama restoran yang dijajakan berbahan dasar daging babi, Tan Kat Sut tetap memberikan toleransi antar umat beragama. Hal itu dibuktikan dari perbedaan  daftar harga serta alat masak antara daging babi dan daging lainnya. Karena, bagi umat Islam memakan daging babi merupakan tindakan yang haram dilakukan.

Usia yang semakin tua dan penyakit yang dideritanya membuat Tan mewariskan restoran yang ia miliki kepada putranya, Ping Hen (Rio Dewanto). Berbeda dengan sifat ayahnya, ia sangat pemarah dan sering kali memicu konflik dengan masyarakat yang berbeda agama dengannya. Saat restoran diambil alih olehnya, banyak kebijakan yang tidak toleran terhadap agama lain.

Salah satunya yakni saat bulan ramadhan, Hendra sapaan akrab Ping Hen, tetap membuka restoran saat orang lain menjalankan ibadah puasa. Tirai untuk menutupi ruang restoran pun dibuka demi menarik minat pelanggan. Tidak hanya itu, tanpa sepengetahuan ayahnya, Hendra menyuruh Menuk (Revalina S. Temat) pelayan restoran beserta rekannya, untuk segera bekerja sehari selepas libur hari raya idul fitri.

Tidak tega melihat istrinya bekerja, Soleh (Reza Rahardian) mengajak seluruh warga untuk menghancurkan restoran Chinese tersebut. Tan Kat Sut yang mengetahui perbuatan anaknya tersebut lantas menegur anaknya untuk meliburkan para pegawai.

Sayangnya, tindakan Tan terlambat, Soleh beserta warga lainnya datang dan menghancurkan restoran Chinese tersebut. Hendra, Tan, beserta pelayan juga menjadi korban keganasan Soleh dan teman-temannya. Lain keluarga Tan lain pula Rika. Semenjak pernikahannya berakhir, ia membuka usaha toko buku untuk menafkahi anaknya. Tidak hanya itu, ia juga memutuskan untuk mempelajari agama katolik.

Keputusannya untuk pindah dari agama Islam ke katolik, menimbulkan berbagai gunjingan dari warga sekitar. Anaknya pun sempat mengucilkan dia. Namun, hal tersebut tidak membuat semangat Rika untuk pindah agama luntur begitu saja.

Film yang meraih penghargaan sinematografi terbaik tahun 2011 di ajang Festival Film Indonesia (FFI) ini, menceritakan kehidupan masyarakat dalam menyikapi adanya perbedaan agama di Indonesia. Pasalnya, Indonesia yang mempunyai keberagaman suku, budaya, maupun agama sudah selayaknya memperhatikan toleransi antar agama.
Lihat review-nya disini:


 Rizky Rakhmansyah
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Kurangnya Toleransi Antar Umat Beragama
Kurangnya Toleransi Antar Umat Beragama
https://1.bp.blogspot.com/-YVC98pWH1mQ/VSfBJ1kAukI/AAAAAAAAEfM/dcfxU9NSSSQ/s1600/220px-%2B_film.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-YVC98pWH1mQ/VSfBJ1kAukI/AAAAAAAAEfM/dcfxU9NSSSQ/s72-c/220px-%2B_film.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/04/toleransi-antar-umat-beragama-kurang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/04/toleransi-antar-umat-beragama-kurang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago