Archive Pages Design$type=blogging

Pendidikan bagi ‘Si Malang’


Keprihatinan terhadap jumlah anak jalanan di Bogor yang terus meningkat menjadi pemicu Indah Khoiriyah dan Aulia Rizqi Nur Abidi untuk berbagi ilmu pada anak-anak malang itu. Keinginan mengubah mindset anak jalanan soal pentingnya pendidikan mengiringi niat mereka.

Lama mengenyam pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Indah dan alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB), Aulia, berniat membangun Rumah Merah Putih (RMP). Komunitas yang membantu kebutuhan  anak-anak jalanan khususnya di bidang pendidikan. Saat ini, RMP menjalani rutinitasnya di Aula Pasar Warung Jambu, Bogor dan Kampung Ciheuleut, Pakuan Bogor.

Mendirikan RMP bagi dua dara asal kota hujan ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena  tak banyak di antara anak-anak jalanan memiliki niat belajar. Jangankan belajar, untuk sekadar berkumpul pun sulit. Sampai akhirnya Indah dan Aulia aktif mengikuti rutinitas keseharian mereka—mengamen dan mengumpulkan sampah—sebagai upaya pendekatan keduanya.

Tak ingin usahanya sia-sia, Indah dan Aulia pun mengutarakan niat mereka mendirikan komunitas belajar bagi anak-anak jalanan kepada Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Kota Bogor. Niat itu pun disambut baik oleh petugas dinas sosial. Tepatnya pada awal Desember 2012 RMP berdiri.

Setelah RMP berdiri dan memiliki tempat, Indah dan Aulia membagi kegiatan RMP menjadi kegiatan rutin dan non rutin. Kegiatan belajar mengajar bagi anak jalanan dan marginal di Kota Bogor menjadi rutinitas RMP tiap Sabtu dan Minggu.

Tak hanya materi formal, RMP juga mengadakan kegiatan belajar dengan materi non formal. Materi ini dikhususkan pada pengembangan kemampuan seperti olahraga, kesenian, sains, dan lain-lain. Pengembangan skill ini ditujukan untuk menggali potensi anak sesuai dengan bakat masing-masing.

Sementara kegiatan non rutin RMP di antaranya mengadakan program Jalanan Berbagi  yang diadakan tiap bulan Ramadhan. Program ini mengajak anak-anak jalanan binaan RMP berbuka puasa bersama dan berkunjung ke panti-panti sosial. “Kegiatan ini ditujukan untuk mengasah empati anak dan memberikan pembelajaran bahwa memberi lebih baik daripada menerima,” kata Indah, Minggu (19/4).

Sejak awal berdirinya, pada 22 Desember 2012, RMP terus melebarkan sayapnya. Terbukti, hingga kini, tercatat sebanyak 40 orang tergabung menjadi bagian RMP. Jumlah pengurus tetap RMP terdiri dari 10 orang, sedangkan jumlah volunter pengajar lepas terdiri dari 30 orang.


Soal komunitas, sebagai founder, Indah memberi keleluasaan bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi bagian RMP. “Mudah, hanya perlu berkomitmen dan memiliki passion di bidang sosial dan anak-anak serta mengikuti program magang yang kami adakan,” ujar alumnus UIN Jakarta ini bersemangat.


Arini Nurfadilah
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pendidikan bagi ‘Si Malang’
Pendidikan bagi ‘Si Malang’
https://3.bp.blogspot.com/-hpwmaAPuiqA/V4lBHuLEzhI/AAAAAAAAHpA/B5OwVLij1u4CNbGO7vE_meAy9wEG601qQCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-hpwmaAPuiqA/V4lBHuLEzhI/AAAAAAAAHpA/B5OwVLij1u4CNbGO7vE_meAy9wEG601qQCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2BDI%2BWEBOOO.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/04/pendidikan-bagi-si-malang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/04/pendidikan-bagi-si-malang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago