Archive Pages Design$type=blogging

KCPI, Ajak Masyarakat Cinta Pejuang Indonesia



Mengingatkan  kembali sejarah para tokoh pejuang dan pahlawan bangsa baik yang masih hidup maupun telah gugur di medan perang. Selain itu, agar para pejuang merasa dihargai akan perjuangannya membela tanah air di masa penjajahan. Itulah visi dan misi Komunitas Cinta  Pejuang Indonesia (KCPI) yang berdiri pada tanggal 25 November 2011.

Bermula dari kesadaran Heri Eriyadi sebagai pendiri KCPI, melihat belum adanya komunitas yang mengangkat jiwa nasionalisme secara utuh. Menurutnya, banyak dari komunitas sejarah hanya memperkenalkan atribut atau seragam para pejuang saja. Terlebih, peran pemerintah yang seakan tak ada ketika melihat pejuang bangsa tidak memiliki penghasilan tetap.

“Cara menghargai para pejuang misalnya pengakuan atas diri mereka atau memberi penghargaan secara simbolis, jadi bukan hanya sekadar uang yang mereka butuhkan,” kata Heri saat diwawancarai oleh pihak INSTITUT, Rabu (8/4).

Komunitas ini memiliki keunikan yaitu mencari keberadaan para pejuang di seluruh penjuru Indonesia, terutama yang berasal dari kalangan masyarakat sipil. Dulu, ketika perang berakhir, hanya sebagian kecil dari pejuang yang meneruskan karirnya di bidang militer dan mendapatkan sedikit tunjangan hidup serta penghargaan dari Pemerintah Indonesia. Sebaliknya, sebagian besar dari mereka kembali menjadi rakyat biasa seperti, petani, nelayan, guru, dan pegawai.

Bagi para pejuang yang menjalankan hidupnya sebagai seorang veteran, setidaknya mereka mendapatkan hak mereka sebagai tanda penghargaan atas jasa mereka. Semua pahlawan secara suka rela ikut serta berperang mengorbankan jiwa raga melawan penjajah saat itu.

Menginjak usia ke-5, KCPI berharap agar para pemuda Indonesia pada saat ini, hingga generasi di masa yang akan datang dapat terus mengingat sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Dengan demikian masyarakat luas tetap akan menghargai jasa para pahlawan serta menghormati para pejuang yang masih hidup.
           
Pertemuan rutin pengurus KCPI dilaksanakan tiap dua kali dalam sebulan. Kegiatan KCPI yang rutin yakni event di hari nasional dan mengirimkan bantuan sosial sekaligus mengunjungi para pejuang. Komunitas ini juga sering kali menjadi bintang tamu di berbagai acara, semisal kunjungan sekolah, siaran off air atau on air dan sebagainya.

Komunitas yang memiliki pengurus tetap sekitar 30 orang ini, bertempat di Jalan Sukarela Peninggilan Kec. Ciledug Kota Tangerang. Pendaftaran anggota KCPI dilakukan secara online, saat ini terhitung sebanyak 300 orang resmi terdaftar.

Wakil Ketua, Mohammad Fauzi mengatakan, kedepannya KCPI berniat akan dijadikan sebagai yayasan. Hal itu guna mempermudah donatur untuk memberi dana bantuan.  “Saat ini, KCPI sedang mempersiapkan dua cabang yang akan segera terealisasikan, yaitu lembaga pendidikan dan sosial,” katanya.

Triana Sugesti

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: KCPI, Ajak Masyarakat Cinta Pejuang Indonesia
KCPI, Ajak Masyarakat Cinta Pejuang Indonesia
http://2.bp.blogspot.com/-QJtFaggaePE/VTS9h014UXI/AAAAAAAAEiA/pV0_OrcXzZ8/s1600/jki%2B(1).jpg
http://2.bp.blogspot.com/-QJtFaggaePE/VTS9h014UXI/AAAAAAAAEiA/pV0_OrcXzZ8/s72-c/jki%2B(1).jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/04/kcpi-ajak-masyarakat-cinta-pejuang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/04/kcpi-ajak-masyarakat-cinta-pejuang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago