Archive Pages Design$type=blogging

Atlet Bulu Tangkis Nasional Bermimpi dalam Keterbatasan




Judul            : 2
Penulis         : Donny Dhirgantoro
Penerbit        : Grasindo
Isi                : 418 Halaman
Terbit           : Juni 2011
ISBN            : 9789790815629

“Dan...langkah kaki yang menopang tubuh besar itu pun mulai berlari, menyusuri udara biru subuh yang bergerak, tanah merah basah yang dipijaknya. Semakin cepat dan semakin cepat, pipi seperti dua buah apel itu mulai memerah. Seperti biasa, peluh mengalir deras, terus membasahi training merahnya. Gusni tertunduk... Seperti hidup yang tidak sempurna, kamu mencintainya dengan tidak berputus asa...”(Gusni Annisa Puspita 2: 413)

Petikan paragraf dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro di atas menggambarkan semangat hidup yang datang dari dalam diri seorang perempuan bernama Gusni Annisa Puspita. Sejak lahir, Gusni mengidap penyakit genetis. Ia lahir dengan berat badan di atas normal.

Penyakit yang diderita Gusni ialah obesitas. Seiring bertambahnya umur Gusni, bertambah pula berat badannya. Walaupun dokter telah memvonis umur Gusni takkan panjang dan tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakitnya, ia tetap semangat memperjuangkan hidupnya.

Gusni tumbuh dalam lingkungan keluarga yang mencintai bulu tangkis. Ayah Gusni berprofesi sebagai produsen kok. Sementara itu, kakak perempuan Gusni, Gita Annisa Srikandi, seorang atlet bulu tangkis kebanggaan Indonesia. Gita kerap menyabet kejuaraan bulu tangkis di berbagai perlombaan tingkat nasional maupun internasional.

Sedari kecil, perempuan bertubuh besar yang tak kenal menyerah itu, ingin menjadi atlet bulu tangkis seperti kakaknya. Gusni ingin memegang raket yang sebenarnya, bukan raket nyamuk yang selalu ia bawa lantaran dirinya berdarah manis dan disenangi nyamuk. Ia mau ayah dan ibunya tersenyum bangga ketika ia memenangkan kejuaraan bulu tangkis, seperti yang telah dilakukan oleh Gita selama ini.

Sayangnya, tubuh besar Gusni menjadi penghalang dirinya untuk mengikuti jejak kakaknya. Di mana “kelebihannya” adalah keterbatasannya, Gusni harus latihan lebih keras daripada kebanyakan orang.

Kebiasaan menonton Gita bertanding, ternyata membuat Gusni memahami teknik dan strategi bermain bulu tangkis. Pelatih bulu tangkis yang kebetulan juga melatih Gita saat itu, melihat potensi pada diri Gusni. Akhirnya Pak Pelatih memutuskan untuk memasukkan Gusni dan beberapa pemain junior lainnya ke dalam Tim Nasional Putri Indonesia pada kejuaraan bulu tangkis melawan peserta lain dari berbagai negara.

“Ke setiap diri di depan saya...hari ini, saya bilang...jika kamu punya impian, impian besar dan begitu bermakna, kekuatan imajinasi manusia yang luar biasa, tetapi kamu tidak sedikit pun bekerja keras, tidak sedikit pun meneteskan keringat untuk memperjuangkan impian kamu,...buat saya kamu hanyalah pembual nomor satu bagi diri kamu sendiri.”(Pak Pelatih dalam 2: 314)

Pak Pelatih dengan kata-katanya yang selalu membakar semangat srikandi-srikandi muda itu, optimis bahwa anak didiknya kelak akan meraih kemenangan. Tak pernah ia meragukan kemampuan anak didiknya, apalagi Gusni. Pak Pelatih pernah berkata kepada ayah Gusni, “Jangan pernah meremehkan kekuatan seorang manusia karena Tuhan sedikit pun tidak pernah,” ujarnya.

Selain menyuguhkan kisah yang sangat menginspirasi, novel yang mendapat predikat National Best Seller 2011 ini juga memberikan gambaran pertandingan bulu tangkis kepada para pembaca. Gaya bahasa yang sederhana mampu menggugah semangat nasionalisme pembaca.

Begitu membaca judulnya, pembaca dibuat penasaran oleh angka dua yang tertera dengan jelas di cover novel. Arti angka dua sengaja penulis selipkan di bagian akhir novel. Melalui novel 2, Donny mengajak pembaca untuk mencintai impian, keluarga, dan Indonesia.

Jeannita Kirana


Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Atlet Bulu Tangkis Nasional Bermimpi dalam Keterbatasan
Atlet Bulu Tangkis Nasional Bermimpi dalam Keterbatasan
https://1.bp.blogspot.com/-Nws9m1oJ4ZI/VSUEzecL8FI/AAAAAAAAEeU/mrV_d_6ZQ3M/s1600/2-donny%2B(1).jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Nws9m1oJ4ZI/VSUEzecL8FI/AAAAAAAAEeU/mrV_d_6ZQ3M/s72-c/2-donny%2B(1).jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/04/atlet-bulu-tangkis-nasional-bermimpi_8.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/04/atlet-bulu-tangkis-nasional-bermimpi_8.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago