Archive Pages Design$type=blogging

Pabrik Semen di Rembang Menuai Kecaman


Bertepatan dengan Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret, puluhan mahasiswa yang terdiri dari Ikatan Keluarga Alumni Madrasah Raudhatul Ulum (Ikamaru), Ikatan Mahasiswa Gresik (IMG), dan Lingkar Studi Aksi untuk Demokrasi Indonesia (LS-ADI) melakukan aksi solidaritas di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Aksi yang menolak rencana pembangunan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah ini tak hanya diikuti oleh mahasiswa saja. Komunitas Kolong Tosari dan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) seperti Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) dan 350 Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam aksi tersebut.

Aksi diawali dengan long march sepanjang Jalan Imam Bonjol hingga Tosari, Jakarta Pusat serta teatrikal jalanan oleh Komunitas Kolong Tosari. Aksi solidaritas tersebut bertujuan untuk menggalang dukungan menolak rencana pembangunan pabrik semen di Rembang oleh PT Semen Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Farhan Fuadi selaku Koordinator Lapangan (Korlap) aksi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) LS-ADI.

Ia mengatakan, rencana pembangunan pabrik semen di Rembang menuai kontra di kalangan masyarakat Rembang. Apa pasal, pabrik rencananya akan dibangun di pemukiman warga dan otomatis akan menggangu ruang hidup masyarakat yang tinggal di sana.

Tak hanya itu, sambungnya, dampak negatif yang diterima warga sekitar tak sedikit, mulai dari segi sosial hingga ekonomi. Dari segi ekonomi, banyak warga yang nantinya akan beralih profesi. Hal ini dikarenakan, profesi warga sekitar yang kebanyakan berbasis pertanian dan peternakan akan kehilangan lahannya. “Menurut hasil diskusi, sebanyak 13 desa akan terkena dampak pembangunan pabrik semen tersebut,” ujar Farhan, Minggu (22/3).

Sedangkan dari segi sosial, lanjutnya, akan terjadi perpecahan antar warga yang pro dan kontra terhadap rencana pembangunan pabrik semen tersebut. Tak hanya itu, kenangan warga sekitar di tanah kelahirannya pun akan hilang. “Kita sering menyebutnya dengan ikatan tenurial, ikatan batin kita terhadap tanah kelahiran,” tambahnya.

Di sisi lain, Manajer Kampanye Jatam, Ki Bagus Hadi Kusuma menyampaikan harapannya terkait aksi tersebut. Ia mengatakan, aksi tersebut ingin menyampaikan kepada publik jika hingga hari ini kaum ibu di Rembang masih berjuang mempertahankan tanah dan ruang hidupnya.

Tak hanya itu, aksi tersebut juga bertujuan agar masyarakat tahu, paham, dan sadar bahwa kejadian di Rembang bisa terjadi di mana saja. Hal ini dikarenakan, hampir di semua perizinan industri ekstraktif, baik di pertambangan maupun perkebunan banyak tahapan yang seharusnya melibatkan masyarakat. “Sehingga masyarakat harus lebih pintar untuk menyetujui atau bahkan menolak perijinan tersebut,” ujar Bagus, Minggu (22/3).



Aci Sutanti

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pabrik Semen di Rembang Menuai Kecaman
Pabrik Semen di Rembang Menuai Kecaman
https://2.bp.blogspot.com/-ZfNA5966lhc/V-AXeIIrBAI/AAAAAAAAH3g/2KtJpsZnhuw_0Wj8zWZ6YgdrPqwy54HZgCLcB/s400/Pabrik%2BSemen%2Bdi%2BRembang%2BMenuai%2BKecaman.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ZfNA5966lhc/V-AXeIIrBAI/AAAAAAAAH3g/2KtJpsZnhuw_0Wj8zWZ6YgdrPqwy54HZgCLcB/s72-c/Pabrik%2BSemen%2Bdi%2BRembang%2BMenuai%2BKecaman.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/03/pabrik-semen-di-rembang-menuai-kecaman.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/03/pabrik-semen-di-rembang-menuai-kecaman.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago