Archive Pages Design$type=blogging

Masyarakat Butuh Transparansi Anggaran



Banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu cara mengakses perencanaan anggaran. Padahal, perencanaan dana publik harus diinformasikan kepada masyarakat luas dan boleh  diakses siapapun.

Hal itu diungkapkan oleh anggota Komisi Informasi Pusat (KIP), Rumadi Ahmad dalam diskusi publik “Where Does Our Money Go?” di Aula Student Center Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (5/3).

Ia menambahkan, publikasi proses perencanaan anggaran sangat penting karena termasuk informasi publik yang bebas untuk diketahui. Pernyataan tersebut tertera dalam Undang Undang (UU) keterbukaan Informasi Publik (KIP) NO. 14 tahun 2008.

Rumadi melanjutkan, UU KIP merupakan UU yang mengatur tentang transparansi informasi publik termasuk anggaran, “Seluruh Informasi harus terbuka dan bukan rahasia negara,” paparnya.

Dalam diskusi ini, hadir pula Sekretaris Jendral (Sekjen) Sekretariat Nasional (Seknas) Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra),  Yenny Sucipto. Ia mengatakan, Fitra ingin mengawal proses perencanaan anggaran negara bersama masyarakat. “Kontribusi terbesar untuk anggaran, itu berasal dari rakyat,” ungkapnya.

Selain itu, Yenny juga menyayangkan peran masyarakat yang masih sangat minim dalam mengawal proses penganggaran dana baik pada tingkat pemerintah pusat maupun  daerah.

Serupa dengan Yenny, salah satu Peneliti Fitra Ahmad Taufik, mengungkapkan, perencanaan anggaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah, harus sesuai dengan kesepakatan masyarakat. ”Jangan sampai ada anggaraan yang dikeluarkan tidak sesuai faktanya, seperti yang selama ini terjadi,” katanya.

Taufik juga menegaskan, tidak ada satu pun regulasi yang menyatakan anggaran adalah dokumen rahasia negara, “Segala rincian anggaran bisa diketahui oleh semua orang termasuk rakyat sipil,” tegasnya.

Salah satu peserta diskusi Irham Mudzakir, mengatakan, acara ini sangat positif dan juga bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa, bahkan untuk masyarakat. “Tingkat pengetahuan masyarakat mengenai anggaran pun masih sangat rendah,“ ujar Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini.

Yasir Arafat

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Masyarakat Butuh Transparansi Anggaran
Masyarakat Butuh Transparansi Anggaran
https://2.bp.blogspot.com/-8rZc2giq6C4/V-AfY4wrrlI/AAAAAAAAH4s/Kkk1M1NDbYsr67uRzHORahu6p6pOFg-VgCLcB/s400/Masyarakat%2B%2BButuh%2BTransparansi%2BAnggaran.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-8rZc2giq6C4/V-AfY4wrrlI/AAAAAAAAH4s/Kkk1M1NDbYsr67uRzHORahu6p6pOFg-VgCLcB/s72-c/Masyarakat%2B%2BButuh%2BTransparansi%2BAnggaran.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/03/masyarakat-butuh-transparasi-anggaran.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/03/masyarakat-butuh-transparasi-anggaran.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago