Archive Pages Design$type=blogging

Mahasiswa PSPD Tolak Dekan Baru FKIK



400 mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) melakukan aksi di depan Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (17/3). Mereka menuntut pengangkatan Arif Sumantri jadi Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Mereka juga mempertanyakan kebijakan rektor yang bertentangan dengan peraturan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Berdasarkan peraturan dari KKI Nomor 10 Tahun 2012 Poin 8.1, institusi pendidikan kedokteran dipimpin oleh dekan atau program studi dengan latar belakang pendidikan dokter. Sayangnya, dekan FKIK terpilih, Arif Sumantri bukan berlatar belakang seorang dokter.

Ketua Himpunan Mahasiswa PSPD FKIK UIN Jakarta, Zata Yuda Amaniko mengatakan, penanaman karakter seorang dokter harus dilakukan oleh seorang dokter pula. “Ijazah yang didapat juga nanti akan bermasalah karena tidak ditandatangani seorang dokter,” ujar Zata, Selasa (17/3).

Senada dengan pernyataan Zata, dosen PSPD FKIK UIN Jakarta Achmad Zakky juga mengatakan, pendidikan kedokteran mempunyai metode belajar yang berbeda dengan program perkuliahan lainnya. “Kebutuhan mahasiswa PSPD memang mengharuskan untuk mendapat dekan yang se-profesi, jadi ini bukan bentuk arogansi kita,” jelas Zakky.

Zakky mengatakan, dari hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh dosen, sebanyak 48 dosen memberikan pernyataan sikap untuk menolak dekan terpilih FKIK. “Penunjukan dekan di UIN Jakarta tidak mewakili mayoritas sivitas akademik,” ujar Zakky.

Sementara itu, berdasarkan hasil pertemuan dengan rektor dan jajarannya, Zata memaparkan, mahasiswa FKIK berhak mengawal jalannya statuta UIN Jakarta. Pihak UIN Jakarta juga menyanggupi untuk segera dibuat surat lampiran mengenai legalitas ijazah yang dipertanyakan mahasiswa FKIK nantinya.

Tidak hanya itu, rektor juga menjanjikan, akan diadakannya peninjauan kembali terkait penetapan dekan yang telah dilantik oleh rektor. “Rencananya Kamis besok,” jelas Zata.

Pada aksi tersebut, alumni serta dosen PSPD turut memberikan bantuan terhadap mahasiswa PSPD FKIK. Melalui diskusi dengan pihak rektorat tadi, Zata berharap, pergantian dekan dapat dilakukan sekali lagi.



Rizky Rakhmasnyah

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mahasiswa PSPD Tolak Dekan Baru FKIK
Mahasiswa PSPD Tolak Dekan Baru FKIK
https://4.bp.blogspot.com/--vUdPAQVORU/V-AbCx2F5HI/AAAAAAAAH38/bPTAI_V8uwgvb9JTIaBTvP3u3YwLC8o-ACLcB/s400/Mahasiswa%2BPSPD%2BTolak%2BDekan%2BBaru%2BFKIK.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--vUdPAQVORU/V-AbCx2F5HI/AAAAAAAAH38/bPTAI_V8uwgvb9JTIaBTvP3u3YwLC8o-ACLcB/s72-c/Mahasiswa%2BPSPD%2BTolak%2BDekan%2BBaru%2BFKIK.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/03/mahasiswa-pspd-tolak-dekan-baru-fkik.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/03/mahasiswa-pspd-tolak-dekan-baru-fkik.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago