Archive Pages Design$type=blogging

Gilbert dan Keluarga Grape


Judul               : What’s Eating Gilbert Grape
Tanggal Rilis   : 25 Desember 1993
Pemain            : Johnny Depp, Leonardo DiCaprio, Juliette Lewis, dll
Sutradara         : Lasse Hallstrom
Durasi             : 118 menit
Genre              : Drama

Gilbert Grape (Johnny Depp) menjadi tulang punggung keluarga Grape sejak ayahnya meninggal. Hari-hari Gilbert dihabiskan dengan mengurusi adiknya, Arnie (Leonardo DiCaprico) yang menderita keterbelakangan mental. Kakak beradik ini memiliki ritual tahunan, yaitu duduk menunggu di pinggir jalan melihat iringan kendaraan yang melewati depan rumahnya.

Itulah gambaran adegan dalam film What’s Eating Gilbert Grape. Film ini menceritakan pemuda yang memiliki ibu, Bonnie (Darlene Cates), kakak, Amy, (Laura Harrington) dan dua orang adik, Arnie dan Ellen (Mary Kate Schellhardt). Sebagai laki-laki satu-satunya yang memiliki fisik dan psikis sempurna di keluarganya, Gilbert tak jarang diterpa berbagai masalah.


Endora, tempat Gilbert dan keluargnya tinggal adalah sebuah kota kecil yang sering kali menjadi tempat singgahan bagi para pengelana. Di Endora juga Gilbert bekerja. Tepatnya di Lamson’s Grocery sebagai pengantar barang para pelanggan. Salah satu pelanggan yang rutin menerima jasa Gilbert adalah istri seorang pengusaha asuransi, Betty Carver (Mary Steenburgen).

Selain Betty, wanita muda bernama Becky (Juliette Lewis) pun menjadi pelanggan baru di toko tempat Gilbert bekerja. Kedatangan Becky sebagai pengelana di Endora turut menarik perhatian Gilbert. Sejak saat itulah hubungannya dengan Betty berakhir. .

Belum sempat memikirkan dirinya, Gilbert sudah harus direpotkan dengan kebiasaan Arnie yang berulah. Kali ini, ujung menara kota hampir sampai dipanjat Arnie. Hal itu sontak membuat warga Endora takut. Untuk merayu Arnie turun, Gilbert harus menyanyikan lagu mereka. Meskipun begitu, Gilbert sayang kepada Arnie dan melarang siapapun berani menyakitinya tanpa terkecuali adik bungsunya, Ellen.  

Tak hanya masalah Arnie, Gilbert juga harus menahan malu karena keadaan ibunya, Bonnie yang selalu menjadi celaan oleh warga sekitar karena obesitasnya. Semua berawal dari depresi akibat meninggalnya ayah Gilbert tujuh tahun lalu. Sejak itulah Bonnie tidak pernah keluar rumah, pekerjaannya hanya menonton televisi dan makan.

Sekian lama ibunya tidak beranjak dari sofa kesayangan, tiba-tiba Bonie berjalan menuju kamar tidurnya di loteng. Ibu empat orang anak ini berjalan sambil tertatih menaiki anak tangga satu demi satu. Malam itu, Bonie tertidur di kamarnya dan tak pernah bangun lagi.

Sutradara Lase Hallstrom berhasil menciptakan drama keluarga yang cukup menyentuh, terutama hubungan Gilbert dan Arnie. Film tahun 1993 ini pun membawa Leonardo DiCaprio yang berperan sebagai penyandang cacat mendapat nominasi Oscar sebagai Best Supporting Actor perdana pada tahun itu.
Lihat review-nya disini:


Triana Sugesti
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Gilbert dan Keluarga Grape
Gilbert dan Keluarga Grape
https://2.bp.blogspot.com/-whGDS6-Hjvg/VQ_dbqZ0KnI/AAAAAAAAEUw/egHvNHWAkPs/s1600/Whats-Eating-Gilbert-Grape-1993.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-whGDS6-Hjvg/VQ_dbqZ0KnI/AAAAAAAAEUw/egHvNHWAkPs/s72-c/Whats-Eating-Gilbert-Grape-1993.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2015/03/gilbert-dan-keluarga-grape.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2015/03/gilbert-dan-keluarga-grape.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago