Archive Pages Design$type=blogging

Ubah Paradigma Berpetualang


Kebanyakan orang menganggap bahwa berpetualang hanyalah kegiatan bersenang-senang untuk kepuasan dirinya sendiri. Padahal, berpetualang tak hanya bicara tentang bersenang-senang di alam bebas, melainkan bisa juga bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat di sekelilingnya.

Hal tersebut diungkapkan Eji Anugrah Ramadhan selaku sukarelawan dari Greenpeace, organisasi yang bergerak di bidang lingkungan dan kemanusiaan pada acara Satu Jam Bersama Kami Para Petualang. Acara ini diselenggarakan oleh Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan (KMPLHK) Kembara Insani Ibnu Battuta (Ranita) di Hall Student Center (SC), Kamis (18/12).

Ia mengatakan, banyak orang yang berpetualang di alam bebas, tetapi malah merusak lingkungan yang ada. Seperti, merusak tumbuhan yang dilindungi, membunuh hewan, dan membuang sampah sembarangan saat mendaki gunung. “Hendaknya saat mendaki, kita tak boleh mengambil sesuatu kecuali foto, meninggalkan sesuatu kecuali jejak, dan membunuh sesuatu kecuali waktu,” jelasnya, Kamis (18/12).

Lain Eji lain pula Imung Hikmah. Menurut Imung, berpetualang merupakan obat mujarab atas rasa ketidakpedulian manusia terhadap lingkungan sekitar seperti menyadarkan akan adanya keberagaman budaya di lingkungan kehidupan. Hal ini dikarenakan, berpetualang akan mengenalkan manusia pada alam yang kaya kebudayaan, sehingga ia dapat membuka cakrawala dengan menghilangkan pikiran sempit. “Selain itu dengan berpetualang, kita jadi bisa menghargai perbedaan budaya,” ujarnya, Kamis (18/12).

Berpetaulang, tambah Imung, juga menumbuhkan rasa tanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan, serta membantu mengaktualisasikan rasa dalam mensyukuri ciptaan-Nya. Selain itu, berpetualang juga dapat memberikan perspektif baru tentang suatu hal.

“Jangan pernah takut untuk berpetualang. Kita harus berani bermimpi menjelajah negeri yang jauh. Dan dengan berpetualang, kita bisa melatih potensi dan kemampuan diri terhadap alam, lingkungan dan sosial,” lanjut wanita yang merupakan Co-Founder KMPLHK Ranita.

Senada dengan Imung, Ika Zahara Qur’ani juga mengatakan hal yang sama. Ia mengungkapkan, jangan berhenti bermimpi untuk bisa berpetualang mengelilingi dunia meski tak memiliki uang  banyak. Menurutnya, wawasan, ilmu, dan kemahiran yang dimiliki pun dapat menjadi modal untuk berpetualang ke negeri yang jauh di sana.

“Saya pernah berpetualang ke Nepal dan Amerika berkat beasiswa yang saya dapatkan sewaktu duduk di semester tujuh. Keilmuan dan kemahiran kita dalam hal apapun bisa jadi modal kita berpetualang ke luar negeri,” ungkapnya, Kamis (18/12).

Dengan terselenggaranya acara ini, ketua pelaksana, Jajang Nurzaman berharap acara Satu Jam Bersama Kami Para Petualang diharapkan bisa mengubah paradigma khalayak tentang berpetualang yang sebenarnya. “Berpetualang bukan hanya untuk kepuasan sendiri, melainkan bermanfaat juga untuk lingkungan sekitar,“ tutupnya, Kamis (18/12).

AS

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Ubah Paradigma Berpetualang
Ubah Paradigma Berpetualang
https://1.bp.blogspot.com/-1BSL97o9doE/V-AmRPGXQUI/AAAAAAAAH50/03XXM3aqGMk3nK3ykDQ7CPXox-51XB0OgCLcB/s400/Ubah%2BParadigma%2BBerpetualang.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1BSL97o9doE/V-AmRPGXQUI/AAAAAAAAH50/03XXM3aqGMk3nK3ykDQ7CPXox-51XB0OgCLcB/s72-c/Ubah%2BParadigma%2BBerpetualang.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/12/ubah-paradigma-berpetualang.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/12/ubah-paradigma-berpetualang.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago