Archive Pages Design$type=blogging

Konstruksi Pemerintahan SBY Pasca-Orba

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika menyampaikan kuliah umum bertajuk Pengalaman Mengawal Reformasi di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Rabu (10/12). (Sumber: www.detik.com)

Democracy is noisy, politic is restless ungkapan yang tepat untuk menggambarkan peristiwa 1998. Awal terbentuknya reformasi, demokrasi yang berjalan gaduh menyebabkan kerusuhan di beberapa tempat. Di masa itu, masyarakat seolah bersahabat dengan sistem pemerintahan Orde Baru (Orba).

Hal itulah yang disampaikan Rektor UIN Jakarta Komaruddin Hidayat saat mengisi kuliah umum bertajuk Pengalaman Mengawal Reformasi pada Rabu, 10 Desember, di Auditorium Harun Nasution, UIN Jakarta. Menurutnya, “Politik itu seni mengatur konflik dan seni berkompromi. Jadi kalau tidak ada konflik, bukan politik namanya,” ucapnya Rabu (10/12).

Tambahnya, konflik yang terjadi di Indonesia membuat Indonesia diperebutkan oleh beberapa kepentingan. Ras, etnik, suku, organisasi masyarakat, terorisme, serta agama ialah berbagai macam dinamika dalam permasalahan itu.

Pengalaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di dunia militer dan politik juga membuat ia disegani di luar negeri. Masuknya Indonesia ke dalam Gerakan Non-Blok membuat hubungan diplomatik Indonesia diselesaikan secara teratur. “Konsep politik yang digagas SBY ialah menjalin kerjasama dengan luar negeri dan membuat Indonesia tidak mempunyai musuh,” tuturnya.

“Maraknya konflik di Indonesia yang melatarbelakangi dimulainya reformasi adalah praktek kenegaraan yang tidak sesuai dengan demokrasi serta terhambatnya aspirasi rakyat menjadi penyebab runtuhnya Orba,” jelas presiden keenam Republik Indonesia.

Krisis ekonomi di tahun 1998 dan juga pergantian presiden yang dramatis, Menjadi awal runtuhnya orde baru. “Perbaikan terus dilakukan berasaskan nilai-nilai demokrasi,” tuturnya.

Ia mengatakan, kinerja antar pemerintah pusat dan daerah juga mengalami perkembangan. Dengan diterapkannya asas desentralisasi, masyarakat pedesaan dapat merasakan pembangunan daerah. “Daerah dapat berkembang tanpa tergantung oleh pemerintah pusat,” ucapnya.

Ia memaparkan fungsi negara setelah reformasi banyak mengalami perubahan. Diterapkannya sistem check and balances antara legislatif, eksekutif, serta yudikatif meminimalisir adanya penyimpangan. Hal tersebut dinilai sebagai indikator berjalannya demokrasi. “Jadi, tidak ada ketimpangan kekuasaan lagi,” ujarnya.

Di sisi lain, media massa harus bisa mengkontrol kinerja pemerintah, ia menambahkan, pers mendapatkan kemerdekaannya setelah terjadinya reformasi. Kini, masyarakat bebas untuk berpendapat, bahkan untuk mengkritik pemerintah pun diperbolehkan. “Pemimpin harus bisa menerima kritik. Hal tersebut, menjadi stimulus dalam menjalankan tugas,” tuturnya.

Menanggapi kuliah umum tersebut, mahasiswi Jurusan Manajemen Pendidikan, Asti Riana, berkata kuliah umum yang dihadirkan sangat berguna bagi mahasiswa. Hal tersebut, juga menarik karena disampaikan langsung oleh presiden keenam Republik Indonesia. “Karena, nanti kita yang akan menjadi penerusnya,” kata Asti.


RR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Konstruksi Pemerintahan SBY Pasca-Orba
Konstruksi Pemerintahan SBY Pasca-Orba
http://1.bp.blogspot.com/-oCwbceqQb24/VIx9BOSZjpI/AAAAAAAAD6o/Y2bwYPV15zw/s1600/SBY%2B(detik.com).jpg
http://1.bp.blogspot.com/-oCwbceqQb24/VIx9BOSZjpI/AAAAAAAAD6o/Y2bwYPV15zw/s72-c/SBY%2B(detik.com).jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/12/konstruksi-pemerintahan-sby-pasca-orba.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/12/konstruksi-pemerintahan-sby-pasca-orba.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago