Archive Pages Design$type=blogging

Golput, Tak Tahu atau Tak Mau Tahu?

(Sumber: www.lensaindonesia.com)

Angka golongan putih (golput) pada Pemilihan Umum Raya (Pemira) 2014 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mencapai 5.947 atau sekitar 34,5% dari 17.254 total Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ada beragam alasan yang mendasari mahasiswa memutuskan untuk tidak menggunakan hak suaranya.

“Maju atau enggaknya sama aja deh. Kita enggak ngerasain. Saya lihat kegiatan mereka (Dema-U dan Sema-U) paling OPAK. Jadi, enggak ada feedback buat kitanya juga,” begitu ujar Ika Riyanti, mahasiswa semester III Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) saat ditanya perihal alasannya memutuskan golput pada Pemira UIN Jakarta 2014, Senin (1/12) lalu.

Serupa dengan Ika, Ibnu Yahya, juga lebih memilih tinggal di rumah ketimbang harus pergi ke kampus hanya untuk memberikan suaranya dalam pemira. Saat ditanya alasannya, mahasiswa semester III Prodi Sistem Informasi FST ini mengaku tidak tertarik dengan pemira. “Biasa aja sih. Enggak minat juga,” katanya, Jumat (5/12).

Lain lagi dengan Ahmad Saefurrahman. Mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan Fakultas Sumber Daya Alam dan Lingkungan (FSDAL) ini tidak mencoblos lantaran tidak mengenal kandidat yang harus dipilih. Padahal, Ipung, begitu ia dipanggil, mengaku berminat memilih jika ada salah salah satu calon yang mensosialisasikan diri. “Cuma ada spanduk doang. Enggak ada yang sosialisasi (kampanye) ke kita,” ujarnya, Jumat (5/12).

Ika, Yahya, dan Ipung hanya tiga dari lima ribuan mahasiswa yang tidak menggunakan hak suaranya saat pemira lalu. Berdasarkan data yang dihimpun INSTITUT selama tiga hari pelaksanaan pemira, FSDAL, FST, dan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) tercatat sebagai fakultas yang memiliki persentase angka golput tertinggi di antara fakultas-fakultas lainnya.

Dari total 1.780 jumlah DPT FIDIKOM, hanya 60,3% atau 1.073 suara yang terkumpul. Sisanya, 39,7% atau 707 mahasiswa golput. Sementara FST, dari total 1.997 jumlah DPT, suara yang terkumpul hanya 52,7% atau 1.053 suara. Sisanya, 47,3% atau 944 mahasiswa golput. Sedangkan FSDAL, dari total 97 jumlah DPT, hanya 4,1 % atau empat mahasiswa yang menggunakan hak suaranya. Dengan kata lain, 95,9% mahasiswa FSDAL golput. Angka golput di ketiga fakultas tersebut tidak termasuk jumlah suara tidak sah dan abstain.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) FST, Azkiya Banata, menyadari minimnya angka partisipasi mahasiswa FST saat pemira lalu. Menurutnya, tingginya angka golput di FST bukan karena minim sosialisasi  pemira dari pihak KPPS, namun, padatnya jadwal kuliah dan kegiatan-kegiatan praktikum membuat sebagian besar mahasiswa FST enggan antre untuk mencoblos. “Kita itu (mahasiswa FST) tugas praktikum aja hampir setiap hari,” ujarnya, Jumat (5/12).

Lain FST, lain lagi dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Meski hanya mengumpulkan total 2.143 suara atau sekitar 63,3 % dari 3.387 jumlah DPT, menurut Ketua KPPS FITK, Sigit Purwanto, angka itu meningkat dari pemira sebelumnya yang hanya mengumpulkan total 1.700-an suara dari sekitar 4.000 DPT.

Jumlah itu sudah termasuk mahasiswa di atas semester 7. Berbeda dengan tahun ini yang dibatasi hanya sampai mahasiswa semester 7. “Jadi, menurut saya, naiknya sudah lumayan signifikan,” katanya, Kamis (4/12).

Menurut Ketua KPU Pemira 2012, Mughni Labib, ada dua faktor yang membuat beberapa mahasiswa enggan menggunakan hak suaranya pada pemira kali ini. Pertama, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat memilih yang dibebankan kepada mahasiswa, dinilai Labib, agak berat.  Kedua, jadwal pembukaan TPS yang molor hingga hampir dua jam juga memicu mahasiswa malas mencoblos. “Antrean panjang kan karena jadwalnya molor,” katanya, Jumat (5/12).

Meski menyayangkan dua faktor tersebut, namun, Labib mengapresiasi kinerja KPU pada pemira tahun ini. Menurutnya, pihak KPU telah berupaya maksimal meski diberi waktu satu bulan untuk mempersiapkan semua proses pemungutan suara mulai dari tingkat jurusan, fakultas, dan universitas. Berbeda dengan tahun lalu yang diberi waktu hampir dua bulan untuk dua pemungutan di jurusan dan fakultas.

Senada dengan Labib, Ketua Kongres Mahasiswa Universitas (KMU) 2009, Ayip Tayana, juga angkat bicara terkait animo mahasiswa memilih dalam pemira. Menurutnya, ada dua faktor utama yang menyebabkan mahasiswa enggan berpartisipasi dalam demokrasi kampus. Pertama, mahasiswa memang apatis alias tidak peduli dengan organisasi kampus. Kedua, sikap apolitis ditimbulkan karena kekecewaan mahasiswa terhadap kinerja Dema maupun Sema sebelumnya.

Oleh karena itu, lanjut Ayip, tugas ketua HMJ, Dema-F, Sema-F, Dema-U, maupun Sema-U terpilih nanti adalah memberikan pemahaman pada mahasiswa agar lembaga kemahasiswaan tak lagi dipandang sebelah mata. “Jangan sampai momen tahunan ini sekadar momen pergantian jabatan yang kerjanya hanya begitu-begitu saja,” pungkasnya, Jumat (5/12).


Thohirin

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Golput, Tak Tahu atau Tak Mau Tahu?
Golput, Tak Tahu atau Tak Mau Tahu?
http://4.bp.blogspot.com/-YLSAvNj5A5c/VJAADDIBNrI/AAAAAAAAD74/gehYWTONqj8/s1600/ilustrasi_golput.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-YLSAvNj5A5c/VJAADDIBNrI/AAAAAAAAD74/gehYWTONqj8/s72-c/ilustrasi_golput.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/12/golput-tak-tahu-atau-tak-mau-tahu.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/12/golput-tak-tahu-atau-tak-mau-tahu.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago