Archive Pages Design$type=blogging

KPU Pemira Kecewakan Kandidat

(Sumber: www.balairungpress.com)

Tidak adanya sosialisasi langsung dan molornya jadwal pembentukan KPU mengakibatkan penetapan dan pengumuman nomor urut kandidat tak sesuai jadwal yang ditentukan.  Masa kampanye dan masa debat kandidat pun diundur.

Ketiadaan sosialisasi pemira itu dialami salah satu kandidat SEMA-U , Waki Ats-Tsaqofi. Waki  mengaku, tidak mendapat sosialisasi dari KPU. Padahal, sesuai Pedoman Umum dan Peraturan Tentang Pemira, sosialisasi persyaratan pendaftaran kandidat merupakan bagian dari tugas KPU.

Kata Waki, pihak KPU tidak mensosialisasikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh kandidat. “Saya kecewa karena baru mengetahui persyaratan pendaftaran Selasa lalu, itu pun bukan dari KPU” tambahnya, Jumat (14/11).

Tak hanya Waki, Ahmad Fajri, salah satu kandidat wakil ketua DEMA Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), menuturkan, sosialisasi syarat ketua dan wakil ketua DEMA-F terlambat. “Saya baru dapat informasi persyaratan pendaftaran dari kawan,” katanya, Jumat (14/11).

Menanggapi hal itu, Ketua Dema UIN Jakarta Didin Sirojudin memberikan pernyataan berbeda. Menurutnya, sosialisasi sudah dilakukan sejak awal November lalu, kalaupun ada yang belum mendapat kabar tentang sosialisasi, mungkin hanya kesalahan teknis.

Sosialisasi sudah dilakukan lewat banner, sosial media, dan baliho. Didin mengakui, belum ada sosialisasi secara langsung dari KPU. “Memang, belum ada sosialisasi secara langsung, baik ke fakultas, maupun ke lembaga kemahasiswaan lainnya,” Kamis (13/11).

Sementara itu, Ketua KPU Hilman Hakim mengatakan, sosialisasi dilakukan setelah pengesahan KPU fakultas atau KPPS. Artinya, masa sosialisasi baru bisa dilaksanakan setelah tanggal 10 November, karena KPPS baru saja disahkan pada Senin lalu. Sistem pemilihan dan peraturan pemira secara utuh dibuat  oleh KPU, KPPS hanya menjalankan.

Keterlambatan KPU membentuk KPPS karena rangkaian jadwal kegiatan pemira molor. Terbukti dari awal pembentukan KPU. Sebelum KPU dilantik, sambung Hilman, tugas dan wewenang KPU diambil alih oleh sema dan rektorat.

Mereka mengadakan rapat dengan wakil dekan (wadek) di tiap fakultas. “Dari hasil rapat, setiap jurusan harus mengirimkan delegasinya untuk dijadikan KPPS, makanya tiap fakultas memiliki jumlah KPPS yang berbeda,” jelasnya, Jumat (31/10).

Menyusul perkataan Hilman, Wakil Ketua Sema Amzar Fadliatma,  menuturkan karena sempat vakum di tahun 2010-2012, Sema mengadakan kongres pertama mengenai pemira pada April 2014 yang dihadiri oleh BEM-J dan BEM-F. Kongres itu diadakan selama tiga hari di ruang Senat, namun karena kurangnya waktu, maka diadakan kongres kedua.

Kongres selanjutnya berlangsung selama seminggu di lantai 4 Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Setelah itu, hasil kongres dituangkan ke dalam bahasa resmi pada September lalu. Dalam pembuatan aturan, sema berdiskusi dengan pihak rektorat dan lembaga kemahasiswaan.

Usai pembentukan AD/ART, kongres diadakan kembali dengan dihadiri warek III Bid.Kemahasiswaan, wadek III, sema dan dema yang menghasilkan keputusan tentang pemira.

Kata Amzar, KPU baru diSK-kan karena persyaratan anggota KPU yang tidak mudah, mulai dari pengumpulan berkas, seperti surat aktif kuliah, memiliki IPK 3,25, sertifikat OPAk, formulir pendaftaran, juga tes fit and properties oleh tim penguji. “Makanya molor karena syarat-syarat yang dikumpulkan banyak,” kilahnya, Jumat (31/10).


AN

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: KPU Pemira Kecewakan Kandidat
KPU Pemira Kecewakan Kandidat
http://2.bp.blogspot.com/-uX0Q6fDh1_8/VHM5hArkTRI/AAAAAAAAD1I/CsQogSYjpqY/s1600/pemira.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-uX0Q6fDh1_8/VHM5hArkTRI/AAAAAAAAD1I/CsQogSYjpqY/s72-c/pemira.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/11/kpu-pemira-kecewakan-kandidat.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/11/kpu-pemira-kecewakan-kandidat.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago