Archive Pages Design$type=blogging

Diet Sehat Cerminan Tubuh Ideal


Memiliki tubuh yang ideal adalah impian semua orang. Bahkan tak jarang, terkadang mereka menghalalkan berbagai cara demi memiliki tubuh yang ideal. Salah satunya dengan melakukan diet. Namun, selama ini diet telah banyak disalahartikan oleh para remaja. Lantaran mereka menganggap diet hanya terfokus pada penurunan berat badan saja tanpa peduli efeknya terhadap kesehatan tubuh.

Hal di atas diungkapkan Hardinsyah selaku ketua umum Pergizi Pangan Indonesia serta Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Etiologi Manusia (FEMA) IPB. Ia menuturkan, seseorang yang berat badannya ideal, belum tentu memiliki tubuh yang ideal pula. “Orang yang berat badannya ideal, terkadang dalam tubuhnya masih terdapat tumpukan lemak yang menempel dalam organ tubuh.  Bahkan lemak yang menempel tersebut dapat berpengaruh negatif bagi kesehatan,” ungkapnya, Rabu (12/10).

Banyak kesalahpahaman mengenai diet, Hardinsyah juga memberikan cara diet yang baik sesuai dengan kesehatan. Misalnya dengan cara mengkonsumsi makanan yang rendah kalori, mengurangi makanan berlemak dan juga disertai dengan olahraga yang cukup. Baginya, dengan melakukan kegiatan olahraga dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami penumpukan lemak yang berlebihan.

Terkait diet, pembicara kedua, Risatianti kolopaking, dosen psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, mengatakan, berat badan ideal yang dipandang remaja kebanyakan memang menyimpang dari kesehatan. “Kita (remaja) harus peka terhadap kebutuhan tubuh. Jangan hanya melihat bahwa ketika berat badan turun, lantas kita merasa cukup. Namun kita harus lebih peka, apakah hal itu sudah baik untuk tubuh atau belum,” tegasnya, Rabu (12/10).

Banyak orang yang melakukan diet, biasanya didasari oleh ketidak percayaan diri. Dalam hal ini, seorang remaja memerlukan dukungan dari pihak terdekat, seperti orang tua, kerabat, dan juga teman. “Penilaian dari orang terdekat, sangat berpengaruh terhadap psikologis remaja yang cenderung tidak percaya diri,” tambah Risatianti dalam acara seminar Have Your Perfect Weight with a Proper Diet.

Menurut penuturan ketua panitia, Ryantio Priyono, mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu Kedokteran dan Kesehatan (FKIK) UIN Jakarta, seminar ini bertujuan untuk menginformasikan kepada remaja tentang bagaimana diet yang benar menurut ahli gizi. Karena dari hasil survey yang dilakukan, kami melihat banyak paradigma atau kepecayaan yang salah terkait bagaimana diet yang baik.

LN

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Diet Sehat Cerminan Tubuh Ideal
Diet Sehat Cerminan Tubuh Ideal
https://2.bp.blogspot.com/-TTr8JloeFe0/V_OpqgzwxCI/AAAAAAAAIB8/UgXw-rSWmXATasxASDU4HN0UzzEewjWHACLcB/s400/Diet%2BSehat%2BCerminan%2BTubuh%2BIdeal.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-TTr8JloeFe0/V_OpqgzwxCI/AAAAAAAAIB8/UgXw-rSWmXATasxASDU4HN0UzzEewjWHACLcB/s72-c/Diet%2BSehat%2BCerminan%2BTubuh%2BIdeal.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/11/diet-sehat-cerminan-tubuh-ideal.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/11/diet-sehat-cerminan-tubuh-ideal.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago