Archive Pages Design$type=blogging

Mahasiswa Keluhkan Perubahan Akses Wi-Fi Kampus


Wireless Fidelity (Wi-Fi) merupakan fasilitas yang digunakan oleh hampir semua perusahaan, cafe, atau tempat makan untuk menarik pengunjung. Begitupun di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Wi-Fi menjadi fasilitas yang digandrungi mahasiswa untuk  mengakses informasi. Namun adanya perubahan akses Wi-Fi di UIN Jakarta, menyebabkan mahasiswa kesulitan menggunakan fasilitas itu.

Agar dapat mengakses Wi-Fi kampus, mahasiswa harus mengisi form yang di dalamnya terdapat Identity Display (ID) dan password. Keduanya diisi dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yang dimiliki setiap mahasiswa. Tetapi, sebagian mahasiswa mengeluhkan perubahan akses Wi-Fi tersebut.

Salah satunya, mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Alvan Ridwan. Sebelumnya, ia tidak bisa mengakses Wi-Fi @MHS.UINJKT.AC.ID meskipun telah memasukan ID serta password dengan NIM yang ia miliki.

Alvan mengatakan, ketika mengisi form yang disediakan pihak Pusat Informasi dan Pengolahan Data (PUSTIPANDA) ia tidak bisa mengakses internet. “Saya sendiri tidak tahu kenapa tidak bisa diakses,” ujar Alvan, Senin (27/10).

Senada dengan Alvan, mahasiswi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Mauliza Ahmad mengatakan, pemakaian Wi-Fi @MHS.UINJKT.AC.ID agak sulit untuk diakses. “Jadi saya lebih menggunakan akses Wi-Fi yang dimiliki fakultas saya,” tegasnya, Senin (27/10).

Menurut Mauliza, dirubahnya cara mengakses Wi-Fi kampus membuat fasilitas tersebut tidak dapat diggunakan oleh sembarang orang. Ia juga mengeluhkan keterlambatan PUSTIPANDA dalam mengaktivasi NIM, sehingga banyak mahasiswa yang tidak bisa mengakses Wi-Fi kampus.

Berbeda dengan Alvan dan Mauliza, mahasiswa Jurusan Tafsir Hadist Fakultas Ushuluddin (FU) Alfal Ghani bahkan belum mengetahui perubahan akses Wi-Fi tersebut. “Saya pernah menggunakan Wi-Fi kampus, tapi saya tidak tahu kalau sekarang cara mengaksesnya sudah diubah,” ujarnya, Senin (27/10).

Menanggapi hal tersebut, staf bagian support PUSTIPANDA Hanafi Mohan menjelaskan, kegagalan mahasiswa mengakses Wi-Fi kampus disebabkan NIM mereka belum teraktivasi. Ia menambahkan, minggu lalu hanya sebagian NIM yang diaktivasi, tetapi sekarang semua NIM sudah diaktivasi dan bisa digunakan.

“Asalkan NIM yang mahasiswa masukkan benar, karena bisa saja mahasiswa melakukan kesalahan dalam penulisan password yang menyebabkan mereka tidak bisa mengakses Wi-Fi,” ujarnya, Selasa (28/10).

Ia menjelaskan, perubahan akses Wi-Fi diterapkan agar memudahkan mahasiswa saat mengakses internet di wilayah kampus. Selain itu, kata Hanafi, perubahan akses Wi-Fi dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan Wi-Fi kampus.

Senada dengan Hanafi, Pimpinan PUSTIPANDA, Husni Teja menjelaskan, perubahan akses Wi-Fi ini diterapkan agar pemakaian internet yang dilakukan oleh mahasiswa bisa dikontrol.“Dengan adanya penerapan perubahan akses Wi-Fi ini, mahasiswa harus mengatur pemakaian internet secara bijak agar pemakaiaanya tidak berlebihan,” tuturnya, Selasa (28/10).



RR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Mahasiswa Keluhkan Perubahan Akses Wi-Fi Kampus
Mahasiswa Keluhkan Perubahan Akses Wi-Fi Kampus
http://3.bp.blogspot.com/-Cr_t2GY1IZM/VFMluRUnBbI/AAAAAAAADpI/KfLDie5Ogms/s1600/foto%2B(1).jpg
http://3.bp.blogspot.com/-Cr_t2GY1IZM/VFMluRUnBbI/AAAAAAAADpI/KfLDie5Ogms/s72-c/foto%2B(1).jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/10/mahasiswa-keluhkan-perubahan-akses-wi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/10/mahasiswa-keluhkan-perubahan-akses-wi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago