Archive Pages Design$type=blogging

'Seni untuk Rakyat' Pramoedya



Judul: The Wisdom of Pramoedya Ananta Toer
Penulis: Tofik Pram
Penerbit: Edelweiss
Halaman: 351
Terbit: Cetakan Pertama, Agustus 2014
ISBN: 978-602-8672-65-8

Pramoedya Ananta Toer atau yang akrab disapa Pram adalah sastrawan anggota Lembaga Kebudayaan Rakyat (LEKRA), organisasi kebudayaan dari Partai Komunis Indonesia. Dirinya sempat ditahan karena tulisannya. Ia merupakan sastrawan yang terkenal juga produktif dalam kesusastraan Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan lebih dari 50 karyanya telah diterjemahkan dalam 41 bahasa asing.

The Wisdom of Pramoedya Ananta Toer merupakan buku yang merangkum karya-karya Pram. Buku tersebut disusun oleh salah satu pengagum Pram, Tofik Pram. Pertama kali Tofik Pram mengenal sosok Pramoedya Ananta Toer pada tahun 1996 ketika ia masih berada di bangku kelas 3 SMP lewat buku Bumi Manusia. Sayangnya, belum sempat membaca keseluruhan isinya, buku tersebut ditarik oleh pihak sekolah dan ia dituduh telah mempelajari ilmu sesat.

Tofik Pram mengaku sempat kesulitan untuk menemukan karya-karya Pram terutama buku Bumi Manusia.  Namun, hal tersebut tak memadamkan kecintaannya pada karya-karya Pram. Tulisan-tulisan Pram yang ia rangkum merupakan bentuk terima kasihnya terhadap sang idola. Karya-karya Pram telah banyak mempengaruhi karya dan cara pandangnya tentang kehidupan.

Buku The Wisdom of Pramoedya Ananta Toer ini mampu mengantarkan kita mengenal ajaran Pram tentang manusia dan kemanusiaan. Tulisan-tulisan Pram disebut sebagai sastra realisme sosialis yaitu sastra yang mengandung semangat memenangkan sosialisme di masyarakat yang dalam menghadapi masalah masyarakat itu sendiri mempergunakan pandangan yang struktural dan fundamental. Dalam bab pertama buku ini juga terdapat tulisan berjudul Realisme Sosialis dan Sastra Indonesia yang menggambarkan pandangan Pram mengenai realisme-sosialis.

Pengalamannya ditahan di pulau Buru saat Orde Baru dituliskan dalam esai yang berjudul Maaf: Atas Nama Pengalaman. Ia menceritakan dirinya dengan tahanan politik yang hendak meninggalkan pulau Buru diperlakukan dengan dipaksa membuat surat pernyataan untuk tidak menyebarkan paham Marxisme, Leninisme, dan Komunisme. Tak hanya itu, mereka juga diminta untuk membuat pernyataan telah diperlakukan secara wajar di Pulau Buru.

Masih banyak lagi tulisan dan kutipan Pram yang dicantumkan dalam buku ini. Tulisan-tulisan tersebut mencakup pandangannya tentang spiritualitas, cinta, ilmu dan pengetahuan, kesusastraan, dan lain sebagainya. 

Meskipun dalam buku The Wisdom of Pramoedya Ananta Toer ini kita dapat memahami ajaran-ajaran atau ideologi Pram, namun sayangnya buku ini disusun berdasarkan subjektifitas si penulis. Tofik Pram hanya merangkum buku ini dengan cara memilih karya Pram yang paling bermakna menurutnya sehingga karyanya belum semua tertuang di buku ini.


SN

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: 'Seni untuk Rakyat' Pramoedya
'Seni untuk Rakyat' Pramoedya
http://1.bp.blogspot.com/-UoiOQIcwpEU/VBsN9iutrvI/AAAAAAAADhM/KQuOxwqSHr4/s1600/pramoedya-toer-54057d78de981.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-UoiOQIcwpEU/VBsN9iutrvI/AAAAAAAADhM/KQuOxwqSHr4/s72-c/pramoedya-toer-54057d78de981.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/09/seni-untuk-rakyat-pramoedya.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/09/seni-untuk-rakyat-pramoedya.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago