Archive Pages Design$type=blogging

Jeritan Manusia dalam Keterhimpitan Waktu


Sembari duduk di atas bakul, seorang wanita berambut cepol meneteskan air mata. Tatapannya kosong, ia tak menggubris keberadaan tiga gadis bernama Kalausang, Kalapra dan Kalakini yang mondar-mandir mengangkat kurungan bambu setinggi tiga meter. Dengan keringat di sekujur tubuh, ketiga gadis itu berteriak dan bersahutan sebelum akhirnya jatuh tersangkut di ruas kurungan bambu.

Tak lama setelah terjatuh, tiga gadis itu langsung bangkit memasuki kurungan bambu. Mereka menyeret satu per satu sebelas kurungan bambu dan berebut untuk menyusunnya. Setelah tersusun, mereka menaiki susunan bambu dan berdiri di atasnya.

Melihat kelakuan tiga pemuda yang berdiri tegak di atas bambu, wanita itu berteriak seolah menyindir ketiga pemuda. “Kehidupan ini menempel pada diriku seperti penyakit tumor. Membengkak, semakin lama semakin bergeser dan menutupi penglihatanku. Aku telah kehilangan hampir seluruh yang aku punya, hampir tak ada di tubuhku, aku sudah betul-betul kehilangan,” katanya.

Mendengar perkataan wanita itu, mereka perlahan turun dan menjatuhkan satu persatu jejeran bambu yang telah mereka susun. Mereka kembali menyeret sebelas kurungan bambu tersebut ke kedua sisi sudut panggung.

Di akhir pementasan, ketiga gadis cantik itu menaruh kurungan bambu berukuran kecil di atas kepala mereka. Dengan pakaian yang kotor dan berkeringat, mereka menyender di kurungan bambu.

Dalam pementasan teater Relief Tanpa Dinding, kurungan bambu menggambarkan waktu yang memperbudak manusia layaknya sebuah mesin. Waktu yang selalu memposisikan orang-orang dalam ketakutan disertai tangisan dan jeritan. Hal tersebut yang menunjukan upaya untuk menyadarkan tentang tujuan hidup manusia.

Dadang Badoet selaku sutradara menjelaskan, alasan penggunaan elemen bambu  yang dijadikan sebagai waktu. Bambu itu lembut, lanjut Dadang, bambu bisa menjadi penjara, bisa menjadi pelindung dan di sisi lain dia tak bisa menjadi apa-apa yang sama halnya dengan waktu.

Dadang menambahkan, sebagai masyarakat urban, manusia seharusnya lebih menjaga kondisi agar tidak kehilangan kontrol dalam keterhimpitan waktu. “Sesungguhnya, manusia ingin menguasai waktu tetapi tetap waktu lebih kuat dari manusia dan menjadikan manusia sebagai mesin,” ujarnya, Rabu (10/9).

Dalam persiapan pementasan teater Relief Tanpa Dinding membutuhkan waktu yang cukup lama. Salah satu pemain, Yohana Gabe menuturkan, teater tersebut memerlukan waktu tujuh bulan untuk latihan dengan kedisiplinan yang ketat. Tetapi, kata perempuan yang sering disapa Jo, selama menjalani latihan dengan santai akan terasa menyenangkan.

Jo mengatakan, pementasan tersebut memberi pesan berharga untuk penontonnya “Waktu bisa menelan siapa saja, kapan saja dan di mana saja, untuk itu kita harus bisa untuk mengatur waktu,” kata Jo ketika ditemui di Galeri Nasional Kamis (10/09).

Pertunjukan teater yang diadakan di Galeri Nasional Indonesia mendapatkan tanggapan positif dari penontonnya, salah satunya Izhati Qoirina. “Pementasan tersebut sangat menarik dan mengesankan karena memberikan pesan kepada kita untuk lebih menghargai waktu,” ujar Qoirina, Kamis (10/9).


IP

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Jeritan Manusia dalam Keterhimpitan Waktu
Jeritan Manusia dalam Keterhimpitan Waktu
https://2.bp.blogspot.com/-h_7UdYYIQSk/V_zq3Tpg0vI/AAAAAAAAILQ/pIXQivzixuw7016KtQnLUEzlkUnqT-azwCLcB/s400/senbud.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-h_7UdYYIQSk/V_zq3Tpg0vI/AAAAAAAAILQ/pIXQivzixuw7016KtQnLUEzlkUnqT-azwCLcB/s72-c/senbud.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/09/jeritan-manusia-dalam-keterhimpitan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/09/jeritan-manusia-dalam-keterhimpitan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago