Archive Pages Design$type=blogging

Bike To Work Indonesia, Jadikan Bersepeda Gaya Hidupmu


Kemacetan lalu lintas yang semakin parah dan polusi udara akibat kendaraan bermotor yang kian menganggu membuat suasana perkotaan tak lagi seasri dulu. Sayangnya, kesadaran masyarakat terhadap kondisi ini masih minim. Hal inilah yang melatarbelakangi terbentuknya Komunitas Bike to Work Indonesia (B2W Indonesia).

Berdirinya B2W bermula dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung yang tergabung dalam Komunitas Jalur Pipa Gas (JPG). Pada 6 Agustus 2004, sembilan orang di antara mereka kemudian menggagas kampanye penggunaan sepeda ke tempat kerja. Tak sia-sia, tepatnya pada 27 Agusutus 2005, B2W diresmikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balai kota.

Hingga kini, anggota resmi B2W tercatat berjumlah 60.000 orang yang tersebar di seluruh nusantara. Untuk menjadi anggota dalam komunitas ini tidak ada syarat khusus, hanya dengan menggunakan sepeda sebagai kendaraan sehari-harinya maka seseorang sudah dapat bergabung dalam komunitas ini, seperti yang diungkapkan oleh Ketua Umum sekaligus salah satu penggagas komunitas B2W, Toto Sugito.

Sayangnya, kata ‘work’ dalam Komunitas B2W Indonesia sering kali disalahartikan. Menurut Humas komunitas B2W, Sukartono, kata ‘work’ tak hanya berarti ‘bekerja’. Namun, mencakup semua profesi atau seluruh aktifitas. “Kita tidak membatasi arti dari ‘bekerja’ hanya sebatas pergi ke kantor,” katanya, Kamis (7/8).

Selain wajib bersepeda, komunitas berlogo sepeda dengan background warna kuning ini selalu mengadakan kegiatan rutin. Mulai dari ikut mendukung acara Car Free Day di beberapa kota, mengadakan coaching clinic ke sekolah-sekolah (SMP/ SMA), menjalankan advokasi untuk hak pesepeda, hingga mengadakan kampanye nasional “Srikandi Inspirasi Bagi Negri” dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Tak hanya itu, berkat upaya giatnya mengajak masyarakat untuk bersepeda, pada 2009, B2W turut dilibatkan oleh Dewan Pertimbangan Agung (DPA) untuk membicarakan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pada  UU tersebut,  salah satu pasalnya menerangkan, setiap pengendara kendaraan bermotor wajib mendahulukan pesepeda dan pejalan kaki, dan setiap pemerintah daerah wajib menyediakan sarana dan prasarana bagi pesepeda dan pejalan kaki.

Melalui komunitas ini, Toto berharap ‘bike to work’ tidak hanya menjadi gerakan semata tetapi dapat menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia.

NR

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Bike To Work Indonesia, Jadikan Bersepeda Gaya Hidupmu
Bike To Work Indonesia, Jadikan Bersepeda Gaya Hidupmu
https://3.bp.blogspot.com/-3WFWZHlu3TE/WASHwOGPS4I/AAAAAAAAIOs/PjjLkvEEPN4RRzAxjCqnHoZnUhBxkOgewCLcB/s400/bike%2Bto%2Bworks.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-3WFWZHlu3TE/WASHwOGPS4I/AAAAAAAAIOs/PjjLkvEEPN4RRzAxjCqnHoZnUhBxkOgewCLcB/s72-c/bike%2Bto%2Bworks.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/08/bike-to-work-indonesia-jadikan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/08/bike-to-work-indonesia-jadikan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago