Archive Pages Design$type=blogging

Ketidaklengkapan Absen Hambat Honor Dosen


Sumber foto: bp.blogspot.com

Pembayaran honor Dosen Tidak Tetap (DTT) di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sering mengalamiketerlambatan.Hal itu diduga karena absen kehadiran dosen yang belum terisi lengkap dan Surat Keputusan (SK) mengajaryang terlambat diedarkandi setiap awal semester. 

Permasalahan keterlambatan honor pernah dialami salah satu DTT Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM), Rasdian A. Vadin. Ia mengaku, honornya sering terlambat hingga dua bulan bahkan lebih. Padahal, honor tersebutseharusnya dibayar setiap satu bulan sekali.

Kata Vadin, pihak keuangan fakultas tidak memberikan penjelasan apa pun terkait keterlambatan honor itu. Sehingga, ia tidak pernah tahu menahu persoalan honor tersebut. “Biasanya, saya dapat informasi tentang honordari rekan saya sesama dosen,” katanya, Kamis pekan lalu.

Meski demikian, lanjut Vadin, ia tetap bersedia bila diminta mengajar di UIN Jakarta. Sebab tujuannya mengajar bukan semata-mata karena mencari uang melainkan ingin berbagi ilmu. Ia berharap, pihak fakultas lebih bersikap profesional terhadap DTT. Mengingat, selama ini para dosen dituntut meningkatkan kinerja sementara honor sering telat. 

Menanggapi permasalahan itu, pihak keuangan FIDKOM, Rosmayeni, memberikan pernyataan berbeda.Menurutnya tidak pernah ada honor dosen yang terlambat, kalaupun ada itu dikarenakan absen kehadiran dosen yang belum lengkap.

Pihak keuanganselalu membayarkan honor dosen tepat waktu. Jika ada keterlambatan honor, kata Yeni, pihaknya selalu menginformasikan kepada para DTT terutama bagi mereka yang belum mengambil honor.

Tak hanya di FIDKOM, keterlambatan honor DTT juga terjadi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), seperti yang dialami Sholah Imani. Pria yang sudah mengajar selama dua tahun ini mengungkapkan, honor di FKIK sering telat dan ia tidak pernah mengetahui alasannya. Sebab, pihak fakultas tidak memberikan penjelasan apa pun terkait keterlambatan honor dosen tersebut.

Meski keterlambatan ini sering dikeluhkan rekan-rekannya sesama dosen, namun ia tidak mempermasalahkan itu. Hanya saja, ia menyayangkan, sebagai salah satu kampus besardi Jakarta, sistem pembayaran honor di UIN ternyata tidak profesional. “Kalau memang sistemnya dibayar setiap bulan, ya dibayar langsung biar dosennya merasa nyaman,” kata Sholah, Rabu kemarin. 

Terkait honor DTT yang molor, pihak keuangan FKIK, Sovia Suhari membenarkan adanya pembayaran honor dosen yang terlambat itu. Namun, ia menjelaskan, keterlambatan ini sebenarnya bukan disebabkan ketiadaan alokasi dana honor. Melainkan, karena ketidaklengkapan absen dosen. 

Biasanya, tambah Sovi, ketidaklengkapan ini diakibatkan karena dosen tidak hadir, ada juga dosen yang hadir tapi tidak mengisi absen atau buku absen kehadiran yang terbawa oleh mahasiswa. Sehingga, semua faktor tersebut menghambat bagian keuangan untuk mencairkan honor DTT. Sebab, jelas Sovi, honor dosen dihitung berdasarkan kehadiran dosen. Meski demikian, rekapitulasi pembayaran honor akan tetap dibuat setiap satu bulan, hanya saja pembayarannya diberikan pada bulan berikutnya.

Tak hanya para DTT yang dirugikan dengan molornya honor ini, tapi dosen program studi (prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Minsarnawati juga merasa terbebani. Sebab, sebagai orang yang dipercaya ketua program studi Kesmas untuk mengundang DTT guna mengajar mata kuliah tertentu, ia merasa tidak enak jika honor dosen yang diundangnya tidak turun tepat waktu. 

Padahal sebelumnya, ia pernah mendatangi Pembantu Dekan 1 dan bagian administrasi agar honor segera dicairkan. Namun, jawaban mereka, kata Minsar, pencairan honor DTT masih dalam proses. Karenanya, untuk menutupi honor yang terlambat itu, ia dan pihak prodinya pernah menalangi honor beberapa DTT. 

Minsar berharap, ada perbaikan sistem honorarium bagi para DTT agar ke depan tidak terjadi lagi kasus penahanan nilai. Sebab, ia pernah menahan nilai mahasiswa hanya demi mencairkanhonor dosen tersebut,“Gara-gara pembayaran honornya telat, ada beberapa DTT yang tidak bersedia kembali mengajar di FKIK,” ungkapnya.

FH & DF

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Ketidaklengkapan Absen Hambat Honor Dosen
Ketidaklengkapan Absen Hambat Honor Dosen
http://3.bp.blogspot.com/-nQukh4hsyNQ/U8je9WyCQ2I/AAAAAAAADWQ/knoUnIGbFew/s1600/sumber+bp.blogspot.com.JPG
http://3.bp.blogspot.com/-nQukh4hsyNQ/U8je9WyCQ2I/AAAAAAAADWQ/knoUnIGbFew/s72-c/sumber+bp.blogspot.com.JPG
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/07/ketidaklengkapan-absen-hambat-honor.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/07/ketidaklengkapan-absen-hambat-honor.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago