Archive Pages Design$type=blogging

'One Health' Atasi Masalah Kesehatan


Hidup sehat dan bebas dari segala penyakit tentu  impian semua orang. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali ancaman penyakit di dunia ini. Bahkan, berbagai penyakit infeksi karena bakteri dan virus semakin beragam. Demi menangani hal tersebut para ahli kesehatan dunia terus mencari berbagai solusi, salah satunya dengan mencetuskan konsep One Health.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ali Ghufron Mukti mengatakan, konsep ini mengatasi masalah kesehatan dengan melihat faktor manusia, hewan, dan lingkungan. “Indonesia terdiri dari 17.000 pulau yang rawan bencana alam. Maka dari itu, kita butuh strategi yang tepat untuk mengkontrol bahaya biologi yang ditimbulkannya,” paparnya, Sabtu (7/6).

Ali menambahkan, perubahan iklim dan lingkungan di bumi juga menjadi ancaman lain untuk kesehatan manusia. Parasit berupa virus dan bakteri akan dengan mudah berkembang dalam situasi lingkungan sekarang ini. Misalnya saja virus-virus seperti H1N1, H5N1, SARS, dan MERS yang sekitar sepuluh tahun terakhir menghantui dunia kesehatan.

One Health adalah sebuah konsep yang melibatkan berbagai sektor dan disiplin ilmu. Mulai dari ahli kesehatan, ahli ekonomi, hingga pemegang kebijakan berintegrasi untuk menyelesaikan masalah kesehatan. “Namun, dari usaha kolaboratif ini profesi kesehatan masyarakat yang harus bisa menjadi pemandu dan pemimpinnya,” tutur Ketua Indonesia One Health University Network (INDOHUN), Wiku Adisasmito.

Konsep yang pertama kali dicetuskan di Inggris ini dikupas tuntas pada seminar Global Health Transmission: One Health for Indonesia. Fajri Azhari, ketua pelaksana acara PATAYA EXPO 2014 mengungkapkan, tema One Health  diambil karena  konsep ini sudah mendunia namun masih belum banyak diketahui mahasiswa.

Ia berharap, adanya acara ini mahasiswa menjadi tahu lebih banyak tentang One Health dan bisa menerapkannya dalam kehidupan. “Selain itu, kami juga ingin menindaklanjuti kegiatan ini melalui pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Seminar Nasional tersebut diadakan oleh Pergerakan Anggota Muda IAKMI (PAMI) Jakarta Raya. Seminar yang diadakan di Universitas Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Jakarta Selatan ini dihadiri Lebih dari seratus mahasiswa kesehatan dari berbagai universitas di Jakarta dan sekitarnya.

Seminar ini merupakan salah satu dari rangkaian acara PATAYA EXPO 2014 yang berlangsung pada 7-8 Juni 2014. Acara yang juga terdiri dari berbagai lomba, workshop, aksi penghijauan, dan penyuluhan ini berkerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UHAMKA.


(Erika Hidayanti)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: 'One Health' Atasi Masalah Kesehatan
'One Health' Atasi Masalah Kesehatan
https://2.bp.blogspot.com/-G_1RJuflTaw/WAfULt4yNfI/AAAAAAAAITk/oeyAFdBUc5oEGXZD7qZxAV8nBZBv3J5QQCLcB/s400/one%2Bhealth.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-G_1RJuflTaw/WAfULt4yNfI/AAAAAAAAITk/oeyAFdBUc5oEGXZD7qZxAV8nBZBv3J5QQCLcB/s72-c/one%2Bhealth.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/06/one-health-atasi-masalah-kesehatan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/06/one-health-atasi-masalah-kesehatan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago