Archive Pages Design$type=blogging

Gaya Arisan Mahasiswa FST


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arisan merupakan kegiatan di mana sekumpulan orang mengumpulkan uang atau barang yang bernilai sama lalu mereka mengundi siapa di antara mereka yang memperolehnya. Undian dilaksanakan secara berkala di sebuah pertemuan sampai semua anggota mendapatkan undian.

Namun mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta mempunyai gaya arisan yang berbeda, yakni arisan ilmu. Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Dewan Mahasiswa (Dema) FST, Bella  Handayani mengatakan, arisan ilmu merupakan salah satu program kerja (proker) litbang Dema FST. Proker ini bertujuan agar mahasiswa dari ketujuh jurusan yang ada di FST bisa saling membagi ilmunya.

Bella mengatakan arisan ilmu sudah ada sejak dua tahun lalu. Bella berujar kegiatan ini disebut arisan lantaran saat proker ini disetujui Bella kawan-kawan mengumpulkan ketua-ketua divisi libang dari masing-masing jurusan. Kemudian nama-nama jurusan itu dikocok untuk menentukan urutan jurusan mana yang mendapat giliran mengisi materi.

 “Yang menyampaikan materi dari mahasiswa supaya nggak kaku. Ini benar-benar seperti arisan, bisa ketawa-ketawa gitu,” ujar Bella, mahasiswa Jurusan Agri Bisnis, Rabu (21/5), usai menghadiri arisan ilmu dengan giliran pemateri mahasiswa Jurusan Matematika bertema Pemodelan Matematika dalam Permainan Angklung.

Berkaitan dengan tema yang diusung setiap pertemuan, Bella mengatakan hal itu dibebaskan kepada masing-masing jurusan. Tapi biasanya jurusan menyampaikan lebih dulu tema yang akan disampaikan dalam arisan ilmu kepada Dema, kemudian dipertimbangkan apakah jurusan lain bisa paham.

Wakil Ketua Dema FST, Khoiriyah mengatakan, kegiatan arisan ilmu pada semester ini memang lebih kondusif dibanding tahun sebelumnya. Sebelumnya kegiatan ini hanya diadakan di lobi fakultas. Saat ini, arisan ilmu diadakan di ruang teater lantai 2. 

Khoi berharap, kedepannya mahasiswa banyak yang turut hadir dalam acara ini, sehingga budaya kajian bisa dikembangkan di FST. “Arisan ilmu ini nggak ribet, tapi keilmuannya bisa dapet,“ ujar mahasiswa semester enam Jurusan Agri Bisnis, Rabu (7/5).

Selain Khoi, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Irvan Septiar Musti, juga berharap ke depannya kegiatan ini bisa didukung oleh fakultas, dan Dema yang bertugas memediasi kegiatan arisan ilmu. Kemudian, Irvan  pun menginginkan agar adanya implementasi dari kegiatan arisan ilmu, seperti penelitian yang berkerja sama dengan jurusan lain.

(Dewi Maryam)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Gaya Arisan Mahasiswa FST
Gaya Arisan Mahasiswa FST
https://2.bp.blogspot.com/-ZlPj0Uy6scA/WAjchqCr5wI/AAAAAAAAIUI/P_bykXvL620O5E4dzRmvsM3oqF8zXGs0QCLcB/s400/TEMPLATE%2BFOTO%2B000.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ZlPj0Uy6scA/WAjchqCr5wI/AAAAAAAAIUI/P_bykXvL620O5E4dzRmvsM3oqF8zXGs0QCLcB/s72-c/TEMPLATE%2BFOTO%2B000.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/06/gaya-arisan-mahasiswa-fst.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/06/gaya-arisan-mahasiswa-fst.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago