Archive Pages Design$type=blogging

2014, 'Game Mobile' Indonesia Tembus $70 Juta


Game sebagai sarana hiburan yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang di dunia mulai mengalami kemajuan. Saat ini, banyak  programmer yang menciptakan game dalam berbagai jenis. Kemajuan teknologi game juga kini merambah pada lahan industrinya, terutama pada game mobile

Menurut data pasar konten mobile Indonesia dalam jangka waktu 2004-2015, setiap tahunnya game mobile di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup drastis. Terbukti dengan industri konten mobile di Indonesia yang naik mencapai $35 juta pada 2010. Lalu pada 2011 mengalami kenaikan kembali menjadi $45 juta, sebelum naik lagi pada 2012 menjadi $50 juta.

Menginjak 2013,  jumlah ini masih mengalami kenaikan hingga menembus nominal $55 juta. Hingga 2014 ini, industri konten mobile di Indonesia mencapai $70 juta. Hasil penelitian tersebut juga memperkirakan tahun 2015 ini, jumlahnya akan menginjak $86 juta.

Perkembangan industri mobile ini juga dimanfaatkan oleh game programmer dalam mendesain programnya. Kini, game yang biasa dimainkan di desktop dapat dimainkan dalam mobile jenis Iphone dan Android. Hal ini tidak dibantah oleh direktur perusahaan Altermyth, Hadiono. “Untuk tahun-tahun ke depannya, bagusnya sih dapat dimainkan di mobile, karena masyarakat kita kebanyakan pake mobile phone atau smartphone,” ujarnya, Selasa (17/6).

Menurut Hadiono, game di Indonesia sudah mulai banyak dikonsumsi secara luas, karena itu  penciptaan game harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan konsumen. “Kita lihat dari unsur demografi, psikografi, dan tataran ekonomi pengguna game. “Ketika mau bikin game untuk kalangan ‘mampu’, berarti harus bagus. Tapi kalau untuk semua kalangan, ya bisa dibuat dengan banyak jenis yang lebih beragam,” tambahnya. 

Salah satu konsultan perusahaan game di Korea, Stephen Cho menyatakan, perkembangan mobile technology di Indonesia yang sangat cepat membuat pasar industri game sangat menjanjikan. “Indonesia merupakan salah satu negara yang tingkat penjualan smartphonenya meningkat secara drastis di awal 2013,” tutur pria asal negeri ginseng ini.

Dengan adanya perkembangan teknologi mobile di Indonesia, maka pantaslah jika mobile game juga ikut berkembang. “Selain Indonesia, dua negara dari Asia Tenggara lainnya pun tengah mengalami perkembangan industri game ini, mereka adalah Thailand dan Vietnam,” sambungnya pada Open Lecture bertemakan Game Industry Global and Indonesia Opportunity and Challenges di Universitas Al-Azhar Indonesia.

Chief Excecutive Officer (CEO) PT. HA Games Global di Indonesia ini pun mengaku, untuk dapat bersaing dengan negara lain dalam dunia industri game ini tidaklah mudah. Apalagi jika dibandingkan dengan negara seperti Amerika dan Jepang yang telah maju dalam perindustrian teknologi dan animasi.

Namun, Cho melihat banyak potensi yang ia lihat di Indonesia. Ia dapat melihatnya dari segi pengembangan penjualan mobile game dan penggunanya yang terus meningkat.

“Untuk memulai bisnis game ini kita memerlukan banyak persiapan, mulai dari konsep, pemasaran, pelayanan terhadap konsumen, hingga partner kerja yang harus klop dengan kita,” ujarnya, Selasa, (17/6).

Selain itu, terang Cho, sebelum memulai bisnis, seorang game programmer harus memiliki komitmen yang kuat, semangat kerja sama yang tinggi, dan target global. Konsep game dan sumber daya manusia yang baik juga perlu diperhatikan agar produk yang dihasilkan pun berkualitas.

Nur Hamidah

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: 2014, 'Game Mobile' Indonesia Tembus $70 Juta
2014, 'Game Mobile' Indonesia Tembus $70 Juta
https://2.bp.blogspot.com/-QTQzHwnsNfI/WAfRvr7JcgI/AAAAAAAAITM/BYNfQv0k-kw1IcV9dik2aXnbGMDT-YmRwCLcB/s400/ceo.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-QTQzHwnsNfI/WAfRvr7JcgI/AAAAAAAAITM/BYNfQv0k-kw1IcV9dik2aXnbGMDT-YmRwCLcB/s72-c/ceo.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/06/2014-game-mobile-indonesia-tembus-70.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/06/2014-game-mobile-indonesia-tembus-70.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago