Archive Pages Design$type=blogging

Langkah Auditor Tingkatkan Kualitas LK


Peningkatan kualitas Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang terdiri dari 15 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan 10 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dilakukan dengan pengadaan audit. Audit dilaksanakan oleh tim auditor yang berasal dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) atas permintaan Wakil Rektor (Warek) III Bidang Kemahasiswaan.

Hasil audit telah keluar pada Maret lalu. Salah satunya hasil audit adalah pembuatan 34 butir mutu standar untuk LK. Anggota  Pusat  Audit  dan  Pengendalian  Mutu, Lisma Dyawati Fuaida mengatakan, butir-butir tersebut bertujuan untuk meyakinkan bahwa pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan sesuai dengan kriteria atau persyaratan yang telah ditetapkan.

Terkait penilaian terhadap butir-butir tersebut, Lisma mengatakan, pelaksanaan audit menghasilkan laporan ketidaksesuaian sejumlah aspek-aspek terhadap 34 butir-butir di LK. Analisis-analisis ketidaksesuaian tiap aspek mencakup administrasi kegiatan unit, pengelolaan lembaga, evaluasi kegiatan, sarana dan prasarana, kerja sama lembaga dan sumber daya manusia.

Peninjauan secara cermat terangkum dalam 23 butir observasi dan 7 ketidaksesuaian mayor. “Setiap aspek kami berikan summary. Misalnya akar penyebab aspek, akibat yang akan timbul, dan rekomendasi agar lebih baik ke depannya,” kata Lisma, Senin (14/4). Summary, jelasnya, akan memudahkan UKM dan BEM memperbaiki ketidaksesuaian terkait dengan butir-butir.

Sementara itu, mengenai butir-butir yang belum terpenuhi hingga saat ini, Kasubag Pengembangan  Mahasiswa  dan  Alumni, Masruri  menuturkan, pengadaan integrasi website Lembaga Kemahasiswaan dengan website UIN Jakarta merupakan salah satunya. “Namun, ketidaksesuaian  itu  tak  sepenuhnya  disebabkan  oleh  LK. Kemahasiswaan  memang  tidak  memiliki  tenaga  ahli  website,” lanjutnya.

Selain website yang terintegrasi, ketidaksesuaian juga terlihat dalam butir pengadaan inventaris di Lembaga Kemahasiswaan, seperti pengadaan fasilitas komputer. “Bagaimana LK bisa menyimpan data dengan baik? LK saja tidak difasilitasi dengan komputer,” kata Wakil Rektor III, Sudarnoto Abdul Hakim, saat presentasi hasil audit di Ruang Diorama UIN Jakarta, Kamis (27/3).

Sejalan dengan Sudarnoto, Masruri menambahkan, tindakan perbaikan pada butir pengadaan inventaris ini harus dilakukan oleh pihak universitas. “Selama ini masih belum ada respon dari universitas, padahal telah diajukan oleh Kemahasiswaan,” katanya Kamis (17/4).

Masruri melanjutkan, perbaikan lembaga kemahasiswaan akan ditagih oleh tim auditor pada 30 April mendatang. Reward and punishment akan diberlakukan pada lembaga-lembaga jika regulasi sudah sesuai dengan butir mutu. Reward akan diberikan bagi lembaga kemahasiswaan terbaik. “Namun, sampai saat ini Kemahasiswaan belum memberikan bentuk penghargaan yang jelas,” paparnya.

Sedangkan punishment pun akan diberikan bagi lembaga kemahasiswaan yang tidak memperbaiki ketidaksesuaian tersebut. “Organisasi yang tidak layak akan dicabut anggarannya. Mereka memang masih bisa aktif, tetapi dana akan mereka usahakan sendiri,” katanya. Maka, untuk menghindari hukuman ini, tindakan perbaikan dibantu dengan koordinasi melalui lembaga pembinaan. Pembina-pembina tersebut berasal dari dosen yang merupakan alumni Lembaga Kemahasiswaan.

Beberapa butir ketidaksesuaian mayor yang perlu diperbaiki oleh sebagian besar LK antara lain akses teknologi informasi, sistem reward and punishment internal, dan struktur organisasi yang jelas. Selain itu, butir observasi terlihat dari penindaklanjutan MoU tingkat universitas, bukti prestasi unit pada tingkat internasional, survei kepuasan (mahasiswa, pengguna, stakeholders), dan laporan hasil kerja sama.

(Maulia Nurul)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Langkah Auditor Tingkatkan Kualitas LK
Langkah Auditor Tingkatkan Kualitas LK
https://2.bp.blogspot.com/-ccAsrNOtEL8/WA2SnpOFiGI/AAAAAAAAIWQ/4OThrwfWzWYiRnI9aGACVoFV3FM_KSTRACLcB/s400/auditor.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ccAsrNOtEL8/WA2SnpOFiGI/AAAAAAAAIWQ/4OThrwfWzWYiRnI9aGACVoFV3FM_KSTRACLcB/s72-c/auditor.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/05/langkah-auditor-tingkatkan-kualitas-lk.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/05/langkah-auditor-tingkatkan-kualitas-lk.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago