Archive Pages Design$type=blogging

Indonesia Kurang Menguasai Sains dan Teknologi


Indonesia memiliki potensi yang besar dalam pengembangan Biokimia. Hanya saja infrastruktur di negara ini masih kalah dengan negara maju. Ini diungkapkan Akhmaloka, Rektor Universitas Institut Teknologi Bandung. “Kalau dibandingkan dengan negara maju, tentu negara maju punya dana lebih banyak,” ujarnya, Kamis (22/5).  

Biokimia merupakan kimia kehidupan yang mempelajari berbagai molekul yang terdapat dalam makhluk hidup dan reaksi kimianya. Biokimia dapat digunakan untuk mempelajari asal usul kehidupan. Terobosan yang penting dalam biokima adalah penemuan enzim dan identitas asam nukleat sebagai molekul pengemban informasi.  

Ahkmaloka mengatakan, Indonesia butuh sekitar 30% orang-orang yang expert dalam bidang science dan teknologi. Namun, saat ini hanya 7% orang yang menguasai bidang tersebut. “Harus lebih banyak lagi mahasiswa Indonesia yang menguasai bidang itu,” imbaunya. 

Menurut Nurul Hikmah, Ketua pelaksana, seminar yang bertema Peningkatan Kapasitas Keilmuan dan Penelitian Bidang Biokimia dan Bioteknologi Menuju Kemandirian Bangsa  sebagai wadah komunikasi antar para ahli kimia khususnya biologi dan bidang ilmu yang terkait. Selain itu, mahasiswa yang tertarik dengan biokimia dapat mengembangkan idenya di tempat seperti ini (seminar) dan juga dapat menarik minat mahasiswa yang belum tertarik.  

Acara ini bekerjasama dengan  Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia (IKAHIMKI). Wasekjen BPP IKAHIMKI 2012-2014, Eji Suliatyanto mengutarakan, seminar ini sesuai dengan tujuan IKAHIMKI, turut serta dalam pembangunan bangsa. Oleh karenanya ini salah satu usaha meningkatkan dan mengembangkan khasanah ilmu kimia di bidang Biokimia.

“Melalui acara ini diharapkan mampu menjalin silaturahmi antara mahasiswa, peneliti, praktisi, dan seluruh pihak yang konsen di bidang Biokimia guna turut serta dalam pembangunan bangsa,” tuturnya dalam sambutan Nasional Biokimia 2014.

Dalam rangkaian seminar ini, beberapa dosen dan salah satu mahasiswa UIN Jakarta mempresentasikan hasil riset Biokimia dihadapan semua mahasiswa, dosen dan para undangan yang hadir. 
Seminar yang diadakan Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA) program studi kimia ini mendapat sambutan yang baik dari Ahkmaloka, “Acara yang sangat baik ini diurus oleh semua adik-adik mahasiswa. Sesuatu yang bagus,” ujarnya.

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Indonesia Kurang Menguasai Sains dan Teknologi
Indonesia Kurang Menguasai Sains dan Teknologi
https://3.bp.blogspot.com/-psYWzC2IW9Q/WAjfEnrwVbI/AAAAAAAAIUU/LWDwx1xylU0weI8pebzGbbUNL4_PekiTACLcB/s400/sains%2Bdan%2Btekno.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-psYWzC2IW9Q/WAjfEnrwVbI/AAAAAAAAIUU/LWDwx1xylU0weI8pebzGbbUNL4_PekiTACLcB/s72-c/sains%2Bdan%2Btekno.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/05/indonesia-kurang-menguasai-sains-dan.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/05/indonesia-kurang-menguasai-sains-dan.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago