Archive Pages Design$type=blogging

Konser PSM, Tumbuhkan Semangat Nasionalisme


Sabtu malam lalu (19/4), suasana Gedung Auditorium Harun Nasution nampak berbeda dari malam-malam biasanya. Auditorium yang biasanya sunyi, malam itu menjadi ramai dengan sorak penonton yang menyaksikan pertunjukkan konser ke-56 mahasiswa yang tergabung dalamUnit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) UIN Jakarta.

Konser musik yang mengusung tema Swarnagita Recital Kharisma Indonesia (melodi emas). Konser ini menjadi agenda rutin PSM sebagai salah satu syarat pengukuhan anggota muda. “Tujuannya untuk menampilkan hasil pembelajaran selama enam bulan terakhir mengikuti training paduan suara,” tutur DewiyaUlfa, Ketua Pelaksana dalam sambutannya.

Dengan balutan kostum bernuansa hijau dan gold, anggota muda yang berjumlah 55 orang itu kompak mengikuti instruksi yang diberikan conductor. Ketika conductor mengayun tangan ke kanan, ke kiri, ke atas, lalu ke bawah, melodi suara mereka pun kompak mengikuti.

Tak hanya itu, para anggota muda tersebut juga luwes dalam menari, setiap lagu yang mereka bawakan selalu diiringi dengan berbagai gerakan tari. Melalui konser ini, 900 orang penonton diajak bernostalgia dengan lagu-lagu karya Guruh Soekarno Putra, seperti lagu Melati Suci yang menceritakan kecintaan dan keindahan Indonesia. Ada juga lagu Galih dan Ratna, Simfoni Raya, Indonesia Jiwaku, dan Mahadaya Cinta yang juga turut dinyanyikan dalam konser itu.

Melalui konser ini, para penonton diajak untuk ikut melestarikan kebudayaan Indonesia dengan mencintai lagu-lagu daerah, seperti lagu Tardigading Dang Do asal Sumatera Utara, O Ina Ni Keke dari Sulawesi Selatan, dan lagu Bawi Kuwu yang berasal dari Kalimantan Tengah.

Wakil Rektor (Warek) III Bidang Kemahasiswaan mengapresiasi acara penyematan anggota muda UKM PSM ini. Menurutnya, dengan membawakan lagu-lagu daerah dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme, Sabtu (19/4).

Suasana semakin meriah ketika di penghujung acara, para anggota muda dan pengurus PSM UIN Jakarta tampilbersama di atas panggung membawakan lagu Mahadaya Cinta.

(Nurlaela)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Konser PSM, Tumbuhkan Semangat Nasionalisme
Konser PSM, Tumbuhkan Semangat Nasionalisme
https://3.bp.blogspot.com/-Eu0cl8wGt5M/WBUGMPGRPqI/AAAAAAAAIZc/JrIugPYLBUQ14yS9c1qnhkJyy-4M_zJTQCLcB/s400/psm.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Eu0cl8wGt5M/WBUGMPGRPqI/AAAAAAAAIZc/JrIugPYLBUQ14yS9c1qnhkJyy-4M_zJTQCLcB/s72-c/psm.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/04/konser-psm-tumbuhkan-semangat.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/04/konser-psm-tumbuhkan-semangat.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago