Archive Pages Design$type=blogging

UIN Jakarta Peringkat Dua Debat Nasional

Tim UIN Jakarta menjadi juara kedua dalam lomba debat antar kampus di Istora Senayan, Kamis (6/2).


Tim debat Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta raih peringkat dua pada lomba debat antar kampus di Istora Senayan, Jakarta Selatan pada 6 Maret lalu. Dalam perlombaaan debat yang didukung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) tersebut, tim debat UIN hanya kalah empat poin dari tim debat Universitas Indonesia (UI) yang menjadi juara pertama.

Perlombaan debat yang diikuti oleh 30 kampus se-Indonesia ini merupakan rangkaian acara Islamic Book Fair (IBF) 2014 yang mengusung tema Saatnya Umat Berkarakter Qur’ani. Pertandingan tahun ini menjadi lomba debat kedua dalam acara IBF yang ke-13.

Tim debat UIN Jakarta diwakili oleh tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), yaitu Pandu Wibowo, Ridwan Akbar dan Sayugo Harun Harhara. Tak mudah bagi tim debat UIN Jakarta untuk masuk final, selain harus membuat esai di babak penyisihan, mereka juga harus melawan Universitas Ibn Khaldun (UIKA) di perempat final, dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di semi final.

Di babak final, juri memberikan nilai 954 untuk UI dan 950 untuk UIN. "Selisih empat angka dalam penilaian menunjukkan bahwa ini adalah pertandingan yang sengit, dan yang terpenting, kami sudah berusaha semaksimal mungkin," ujar Ridwan. Walaupun bukan juara pertama, ia dan teman-teman merasa mendapat dukungan lebih dari penonton. 

Salah satu juri dari Universitas Padjajaran Erlina, mengatakan, para juri memiliki beberapa kategori dalam penilaian lomba. Menurutnya, debat dinilai dari tiga aspek, yaitu materi, sikap dan metode, termasuk keyakinan dan penyampaian argumen. Selain Erlina, penilaian dilakukan oleh Lia Maulia sebagai koordinator juri debat, Fahmi Lukman dari atase kebudayaan Korea, dan Nur Wahidin dari UI.

Lomba debat antar kampus yang diselenggarakan IBF ini bertujuan memberi nilai lebih pada kampus dalam acara tahunan IBF. "Di IBF mahasiswa tidak hanya hadir di pameran buku, tetapi juga diharapkan berpartisipasi dalam kompetisi," kata Koordinator Bidang Acara Pra Event dan Lomba IBF 2014, Abdul Ajid.

Selain itu, kata Ajid,  panita akan terus berinovasi dalam menyelenggarakan kompetisi yang akan datang seperti lomba karya ilmiah. “Tahun depan akan dibuat lebih beragam dan lebih meluas agar universitas luar Jawa turut ikut serta,” jelasnya.

Salah satu anggota tim debat UI Rio Trimono, menilai tema Islam Tidak Mengenal Golput sangat bagus karena sesuai dengan kondisi menjelang pemilu 2014. Perlombaan seperti ini, menurutnya, membuka wawasan mahasiswa terhadap dunia politik. Selain itu, kata Rio, pertandingan seperti ini membuatnya bertemu dengan mahasiswa kampus lain, ia pun bisa melihat kemampuan masing-masing kampus berkompetisi dengan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Maulia

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: UIN Jakarta Peringkat Dua Debat Nasional
UIN Jakarta Peringkat Dua Debat Nasional
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/v/t34/1579827_10201561903662618_123414822_n.jpg?oh=d1dea9591697870c5e6a7f58070fc5e8&oe=531CD111&__gda__=1394395435_2b19c2de9a76c4c723a124fbe0c930f5
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/03/uin-jakarta-peringkat-dua-debat-nasional.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/03/uin-jakarta-peringkat-dua-debat-nasional.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago