Archive Pages Design$type=blogging

The Art Island Festival kenalkan Candi Tegowangi



Jika Magelang memiliki Candi Borobudur yang terkenal sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia, Kediri juga memiliki Candi Tegowangi yang terkenal dengan keunikan bangunannya. Tak hanya itu, candi yang terletak di Desa  Tegowangi kecamatan Pelemahan ini pun terkenal dengan pagelaran seni bertaraf internasional, The Art Island Festival.

The Art Island Festival merupakan pertunjukan seni budaya dari beberapa Negara seperti, Kaledonia Baru, Malaysia, Thailand, India, Singapura, dan Australia. Candi yang terbuat dari gugusan bebatuan andhesit itu sengaja dipilih karena memiliki lapangan yang sangat luas. 

Menurut salah satu panitia pelaksana The Art Island Festival Bagus Indriarto, Candi Tegowangi juga memiliki nilai historis yang berbeda dari candi di daerah dan negara manapun. Selain itu, nilai artistik Candi Tegowangi yang tinggi pun menjadi pertimbangan besar.

“Pagelaran itu sengaja dilakukan di Tegowangi untuk menarik pengunjung,” tutur Bagus, Selasa (12/02). Upaya Bagus dan panitia pun membuahkan hasil. Terbukti, pertunjukan yang sudah dua kali digelar berturut-turut itu mampu menarik hingga 5000 pengunjung lokal maupun internasional.

Secara tidak langsung, pertunjukan bertaraf internasional itu telah mengenalkan Candi Tegowangi ke khalayak ramai.  Banyak turis lokal maupun asing yang menjadikan Candi Tegowangi sebagai tujuan utama wisata. “Sudah banyak wisatawan mancanegara yang datang mengunjungi situs purbakala ini, seperti dari Perancis, Inggris, dan lainnya,” ujar penjaga sekaligus pemelihara Candi Tegowangi Nur Ali.

Nilai Historis 

Candi peninggalan dari Kerajaan Majapahit di tahun 1400 M itu termasuk dalam kategori Candi Hindu, karena terdapat bangunan Lingga dan Yoni.  Secara sederhana, Lingga adalah simbol dari laki-laki dan Yoni adalah simbol Perempuan. Dalam kepercayaan kuno, jika dua simbol ini disatukan maka akan memunculkan keharmonisan.
Prinsip Lingga dan Yoni diterapkan pada banyak Candi Hindu atau peninggalan Hindu lainnya. Begitupun dengan Candi Tegowangi. Menurut Ali, jenis Yoni yang dimiliki oleh Candi Tegowangi tidak dimiliki oleh candi manapun di Indonesia. Karena bentuknya yang sarat akan ukiran, Yoni yang terletak di puncak candi ini mendapat predikat Yoni terbaik di seluruh Indonesia.

Tidak seperti Yoni yang masih memiliki bentuk hampir sempurna, Lingga Candi Tegowangi nampak tidak jelas bentuk dan rupanya. “Lingga yang ada di candi ini seperti belum selesai dibuat atau ada sebagian bentuk yang hilang,” tutup Ali. (Siti Mualiyah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: The Art Island Festival kenalkan Candi Tegowangi
The Art Island Festival kenalkan Candi Tegowangi
http://2.bp.blogspot.com/-fBmL6bTpX6M/Uv4p1HRsnCI/AAAAAAAAC0Y/7A1uscEdOJA/s1600/al.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-fBmL6bTpX6M/Uv4p1HRsnCI/AAAAAAAAC0Y/7A1uscEdOJA/s72-c/al.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/02/the-art-island-festival-kenalkan-candi.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/02/the-art-island-festival-kenalkan-candi.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago