Archive Pages Design$type=blogging

Pemulihan Mental Terus Diusung ACT


Bencana banjir, gunung meletus, tanah longsor dan bencana lainnya terus melanda Indonesia dalam kurun waktu dekat. Kondisi ini memaksa penduduk mengungsi ke posko guna memenuhi kebutuhan logistik dan pemulihan trauma (trauma healing) bagi korban.  Pemulihan kondisi mental dinilai cukup penting untuk para korban agar tetap memiliki spirit hidup pasca bencana.

Hal ini disampaikan oleh Sudayat Kosasih, Media Content Manager Aksi Cepat Tanggap (ACT). "Bantuan berupa logistik seperti pelayanan kesehatan dan pemberian sandang dan pangan dipandang tidak cukup untuk penanganan demi mengembalikan senyum ceria korban di pengungsian," kata Sudayat, Kamis (13/2).

Ia mengatakan, pemulihan trauma akan bencana dibutuhkan oleh para korban di seluruh titik posko pengungsian. Berbagai metode dilakukan guna memberikan pemulihan akan trauma bencana. "Penyembuhan trauma diawali dengan pengeluaran sampah-sampah emosi, misalnya dengan mendongeng untuk anak-anak dan menggambar serta menulis untuk remaja," jelas Sudayat.

Metode untuk orang dewasa seperti konseling dilakukan face to face  atau door to door. Ia menambahkan, orang dewasa yang kehilangan harta benda sering mengalami depresi. Selain itu, metode SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) dipraktikkan untuk semua umur.

Sukorini, Community Development Senior Manager ACT, mengatakan, program pemulihan dilakukan dengan konsep tahap emergency dan recovery terpadu. Tahap emergency dilakukan dengan penyelamatan dan pengobatan fisik. Sedangkan, tahap recovery terpadu merupakan trauma healing yang dialami korban.

Sukoni menjelaskan, trauma healing dengan memberikan aktifitas usaha dinilai sebagai recovery yang paling efektif. Korban bencana diberikan modal untuk memulai usahanya kembali. Para korban harus menyibukkan diri dengan aktifitas pekerjaan untuk memulihkan kembali mata pencaharian yang lumpuh akibat bencana yang datang, tuturnya.

Tim ACT bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan lain seperti PMI dan melatih relawan yang memiliki minat di bidang trauma healing. “Kami sering didatangi relawan dari kalangan artis dan komunitas Gerakan Para Pendongeng Untuk Kemanusiaan (GePPuK) yang ditujukan untuk anak-anak,” kata Sukorini. Program ini berhasil mengembalikan semangat anak-anak di posko pengungsian.

ACT dalam kurun waktu dekat, merencanakan adanya posko ramah anak. Posko ini akan memberikan perlakuan khusus dengan pendekatan lebih terhadap anak-anak. "Ketika terjadi bencana, anak-anak tidak boleh sampai terabaikan. Memori pengalaman bencana akan terus menerus teringat hingga mereka beranjak dewasa," ujar Sukorini.

Sementara itu, Wahyu Cahyono dari Pusat Krisis Universitas Indonesia menjelaskan, indikator keberhasilan trauma healing dilihat dari prilaku korban dalam menghadapi  bencana yang menimpa. "Mereka bisa menerima situasi yang terjadi, kemudian merencanakan kembali hidup ke depan. Jika sudah begitu, maka mereka sudah mulai pulih," jelas Wahyu.

Wahyu menilai, konsep trauma healing yang dilakukan oleh ACT sudah sesuai. “ACT, PMI dan lembaga-lembaga kemanusiaan lain memiliki divisi psikososial. Konsep yang diusung mereka sejauh ini berpengaruh besar terhadap korban-korban di pengungsian,” ujarnya (14/2). (Maulia)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Pemulihan Mental Terus Diusung ACT
Pemulihan Mental Terus Diusung ACT
https://2.bp.blogspot.com/-tbp4BlBWldw/WBUNuIxk2LI/AAAAAAAAIbI/hy9HPK8GNzM2xPQ-2dp8t2LRWx_5WhCVQCLcB/s400/act.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-tbp4BlBWldw/WBUNuIxk2LI/AAAAAAAAIbI/hy9HPK8GNzM2xPQ-2dp8t2LRWx_5WhCVQCLcB/s72-c/act.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/02/pemulihan-mental-terus-diusung-act.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/02/pemulihan-mental-terus-diusung-act.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago