Archive Pages Design$type=blogging

Dinding Berpuisi di Jalanan Ibukota



“Ini tanah airmu, di sini kita bukan turis.” Kutipan tersebut terlihat jelas di dinding jalan layang tepat menghadap lobi utama Mal Cilandak Town Square. Mural yang digagas oleh Barisan Pengingat bersama Komunitas Serrum ini bergambar kutipan dan karikatur Wiji Thukul.

Tokoh Wiji Thukul hilang sejak 27 Juli 1998 bersama dengan sebelas teman lainnya. Ia seorang aktivis dan sastrawan. Asumsi hilangnya Wiji Thukul menyebutkan bahwa ia termasuk orang yang diburu ketika pemerintah Orde Baru. Saat ini nama Wiji Thukul terdaftar dalam daftar KontraS (Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan).

Karya Wiji Thukul dipandang kontekstual dengan keadaan buruk Indonesia saat ini. Gaya bahasa yang digunakan Wiji Thukul pun terkesan lugas dan jelas karena menggunakan bahasa yang sederhana. Hal ini disebabkan pendidikan Wiji Thukul yang hanya tamat Sekolah Menengah Pertama karena kesulitan ekonomi ketika ingin melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Karawitan.

Barisan Pengingat mempunyai tujuan untuk menciptakan kesadaran pemuda Indonesia yang kebanyakan tidak peduli oleh kasus-kasus kemanusiaan. "Kondisi Indonesia sekarang ini sedang tidak baik-baik saja. Melalui mural inilah akan tercipta komunikasi visual," kata Arman Dhani, penggagas Barisan Pengingat.

Generasi muda saat ini, tambahnya, lebih tertarik pada pesan visual. Hal ini disebabkan penyampaian yang lebih efektif daripada pesan verbal dan tulisan. Mural ini dinilai sebagai media komunikasi yang menarik perhatian pemuda.

Menurut Arman, mural ini bermakna bahwa Indonesia adalah tanah kelahiran kita. Maka, kita berhak hidup bahagia, sejahtera, dan berdaulat di tanah air kita. Bukan seperti pendatang yang kemudian kaya raya di negeri ini. “Kita mempunyai hak yang lebih daripada mereka," jelas Arman.

Barisan Pengingat berusaha melawan pemuda negeri ini yang mempunyai rasa tidak peduli terhadap kondisi bangsa. Banyak pemuda mengerti dengan keadaan Indonesia yang buruk tetapi memilih untuk tak acuh. Kepedulian pada ide-ide kemanusiaan dari pemuda inilah yang dinilai sebagai elemen penting untuk kemajuan bangsa.

Selain di depan Mal Cilandak Town Square, empat mural lain juga digambar di depan Gedung Aneka Tambang, Jalan Cikini Raya, Jalan Pemuda Rawamangun dan underpass Dukuh Atas . Tak heran, kehadiran mural-mural ini membuat kawan dari komunitas lain tertarik untuk membuat mural di luar kota Jakarta, seperti Malang, Depok, dan Solo. 

Selain dinding berpuisi, Barisan Pengingat telah membuat kegiatan Run to Remember (RTR) yang diadakan awal Februari lalu. Rute yang digunakan dimulai dari Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia. Selain sebagai upaya memperkenalkan kehadiran Barisan Pengingat di tengah masyarakat, para penggagas memanfaatkan event ini untuk memantik rasa ingin tahu peserta RTR pada makna mural yang dipajang di garis finish.

Maulia

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Dinding Berpuisi di Jalanan Ibukota
Dinding Berpuisi di Jalanan Ibukota
https://3.bp.blogspot.com/-9ME3VJ3LDYA/WBUMoSemy-I/AAAAAAAAIa4/8cg_X_mRWyQuk-5_Uivyy-QvYTxBTqVdgCLcB/s400/mural.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-9ME3VJ3LDYA/WBUMoSemy-I/AAAAAAAAIa4/8cg_X_mRWyQuk-5_Uivyy-QvYTxBTqVdgCLcB/s72-c/mural.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/02/dinding-berpuisi-di-jalanan-ibukota.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/02/dinding-berpuisi-di-jalanan-ibukota.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago