Archive Pages Design$type=blogging

Asmara dan Impian, Inspirasi Sebuah Karya

Salah satu karya seni murni bertemakan Fana dipamerkan di Galeri Cipta III Taman Ismail Marzuki, Jumat (14/2).


Sebuah lukisan bergambar hati dengan cat merah muda diletakan di ujung ruangan Galeri Cipta III Taman Ismail Marzuki (TIM). Lukisan serba pink itu menandakan seseorang sedang jatuh cinta. Di sampingnya terlihat screen print dengan detail 60 bunga. Warna bunga yang beraneka macam memberi tanda akan hari-hari yang telah dilalui dengan sang kekasih.

Karya selanjutnya mulai terlihat lebih abstrak. Sebuah kubus dipadukan dengan gambar lingkaran, menunjukkan atas sesuatu yang tidak akan pernah cocok. Gambar ini menunjukan atas hubungan seseorang yang mulai mengalami banyak masalah.

Karya seni yang ditampilkan sejak 12 Februari ini merupakan perwujudan dari perjalanan sang pelukis, Agung Tri Wijaya. "Sudah menjadi tanggung jawab seorang seniman untuk membuat karya," ujar pria berkacamata ini, Jumat (14/2). Beberapa karya Agung diletakan secara berurutan seakan memberikan alur cerita kepada pengunjung.

Pameran seni murni ini menampilkan 17 lukisan dan 15 kriya. Karya-karya yang dihasilkan tak jauh dari kehidupan pribadi pelukis. Salah satu lukisan yang terdapat dalam pameran itu berupa gambar seorang laki-laki yang bersedih, dengan gambar pilot dan pesawat. Agung mengatakan lukisan itu dibuat oleh rekannya bernama Rio Septi Rangga. Lukisan-lukisan tersebut menggambarkan harapan Rio yang ingin sekali menjadi pilot.

Suasana di dalam ruangan pameran terlihat ramai. Beberapa remaja sedang berfoto di depan lukisan. Pengunjung lain terihat mengamati kriya. Karya-karya tersebut dibuat oleh tujuh mahasiswa tingkat akhir Fakultas Seni Rupa di Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Diantaranya Agung Tri Wijaya, Nessha, Iman Hartono, Panca Satria, Anas Rosyid, Rio Septi Rangga, dan Abdul Ghani Arkaprana.

Selain sebagai bentuk tugas akhir tiap tahun, Agung juga menyatakan, pameran ini diadakan sebagai bentuk apresiasi karya sastra. Menurutnya, hasil dari seorang seniman adalah berupa pameran. Dengan itu, orang-orang dapat menikmati sebuah karya dengan mudah.

Agung mengatakan, proses pembuatan karya-karya tersebut membutuhkan waktu empat hingga lima bulan. Untuk proses pembuatan lukisan, Rio menggunakan cat air dan cat minyak. Sedangkan untuk grafis sendiri, rekannya yang lain menggunakan mesin hasil desain pribadi.

Selain seni grafis dan lukisan, pameran ini juga memperlihatkan beberapa karya yang terbuat dari barang bekas. Seperti alat musik ukulele dan gitar yang mengunakan kayu jati dan sepeda motor dari besi bekas.

Pameran ini tidak hanya didatangi mahasiswa. Agung mengaku, beberapa pengusaha hingga ibu rumah tangga pun tidak melewatkan pameran ini. Ia tidak menutup kemungkinan jika karya-karyanya diperjualbelikan.

Ya saya sih tidak menutup kemungkinan untuk diperjualbelikan. Ada yang melihat saja saya sudah senang, apalagi sampai membeli,” ujar Agung sambil tersenyum.

Nur Hamidah

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Asmara dan Impian, Inspirasi Sebuah Karya
Asmara dan Impian, Inspirasi Sebuah Karya
https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc1/t1/1795491_746330595379602_1367793483_n.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/02/asmara-dan-impian-inspirasi-sebuah-karya.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/02/asmara-dan-impian-inspirasi-sebuah-karya.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago