Archive Pages Design$type=blogging

Penyaluran Beasiswa Bidikmisi Terlambat


Pada 2012, proses penyaluran dana Beasiswa Pendidikan Bagi Mahasiswa Berprestasi (Bidikmisi) dialihkan dari Kementerian Agama (Kemenag) ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pengalihan pengelolaan ini dilakukan agar memudahkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam mencairkan anggaran. Namun,  pada tahun yang sama, dana beasiswa tersebut terlambat cair.

Proses penyaluran dana beasiswa Bidikmisi dalam naungan Kemenag tidak berbeda dengan proses dalam Kemendikbud. Keduanya mengajukan anggaran ke Kemenkeu. Staf  Pejabat Pembuat Komitmen Kemendikbud, Iskandar menyatakan, biasanya beasiswa telat cair disebabkan perguruan tinggi yang terlambat memberikan berkas ke Kemendikbud. Jika berkas-berkas terlambat diberikan, maka penyaluran dana akan terlambat juga.

Menurut Iskandar, perguruan tinggi harus menyerahkan Surat Keputusan (SK) yang  berisi nama penerima beasiswa ke Kemendikbud pada awal semester. “Setelah itu, Kemendikbud akan meminta pencairan dana dari Kemenkeu. Lalu, dana akan dicairkan ke setiap rekening mahasiswa,” ujarnya ketika ditemui di kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (16/1).

Sub Direktorat (Subdit) Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Kemenag, Rahmawati memiliki pandangan yang berbeda dengan Iskandar.  Ia mengaku, kendala yang menyebabkan beasiswa Bidikmisi tidak turun secara rutin karena kelalaian dari pihak perguruan tinggi dalam melakukan pendataan.

Selain itu, penyebab lain beasiswa telat turun karena Kemenkeu pada awalnya belum memberikan persetujuan terhadap anggaran Bidikmisi. Oleh karena itu, Subdit Kemahasiswaan mencari jalan alternatif agar mahasiswa penerima beasiswa tetap menerima haknya. Dalam hal ini, Rahmawati tidak menjelaskan kepada INSTITUT alternatif yang dilakukan.

Rahmawati menambahkan, setelah menemukan alternatif itu, Kemenag belum bisa memberikan anggaran yang sesuai dengan jumlah yang sudah tertera dalam SK. “Seharusnya mereka (mahasiswa) menerima Rp 6 juta dalam satu semester. Tapi, karena ada permasalahan di Kemenag, maka mereka hanya mendapatkan  Rp 4,2 juta,” ujarnya, Kamis (16/1).

Terkait banyaknya mahasiswa yang mengeluh karena beasiswanya terlambat turun, Rahmawati menyatakan mahasiswa seharusnya memahami proses dari pencairan dana tersebut. “Pihak Kemenag  juga tidak mungkin menahan dananya. Untuk apa? Kami juga akan mendapat sanksi dari Badan Pemeriksa Keuangan jika ada kecurangan dalam pencairan dana. Mahasiswa seharusnya lebih paham akan hal ini,” tuturnya.

Keterlambatan penyaluran beasiswa Bidikmisi membuat beberapa mahasiswa penerima beasiswa angkatan 2011 merasa dirugikan. Mahasiswi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Siti Khodijah mengaku telah empat bulan tidak mendapatkan uang saku.

Khodijah akhirnya mencari alternatif lain dengan mencari pekerjaan sampingan. “Sebenarnya uang saku (beasiswa) itu akan digunakan untuk berobat jalan, tetapi akhirnya aku malah minta ke orang tua, di samping mencari pekerjaan sampingan,” ujarnya, Senin (13/1).

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Penyaluran Beasiswa Bidikmisi Terlambat
Penyaluran Beasiswa Bidikmisi Terlambat
https://1.bp.blogspot.com/-vYRN4K7XnM8/WBbnFhAVGtI/AAAAAAAAIbg/OJmegrLtZYQpdi5WTytBIjA9BW-4wHpngCLcB/s400/ambil.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vYRN4K7XnM8/WBbnFhAVGtI/AAAAAAAAIbg/OJmegrLtZYQpdi5WTytBIjA9BW-4wHpngCLcB/s72-c/ambil.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2014/01/penyaluran-beasiswa-bidikmisi-terlambat.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2014/01/penyaluran-beasiswa-bidikmisi-terlambat.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago