Archive Pages Design$type=blogging

Muhtadi: Memberdayakan Masyarakat Melalui Sampah

Dok. Pribadi
UIN Jakarta, INSTITUT- Bagi kebanyakan orang, sampah merupakan sisa-sisa makanan atau barang bekas yang kotor dan menjijikan. Namun, tidak bagi Muhtadi, alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) angkatan 2000 ini melihat sampah dari sudut pandang berbeda. Ia melihat sampah sebagai sebuah potensi yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Dosen Pemberdayaan Masyarakat Islam (PMI), Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) ini mengatakan, selama ini semua sampah dari kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di kota Tangerang, karena Tangsel tidak memiliki TPA sendiri. “Sementara, kalau sampah dari Tangsel ditolak oleh TPA kota Tangerang, bagaimana? Sampah akan terus menumpuk” ujarnya, Rabu (18/12).

Karena hal tersebut, mantan Pemimpin Redaksi Majalah Simbol, FIDIKOM periode 1996-1997 ini merasa perlu untuk melakukan suatu hal yang dapat mengatasi masalah sampah, minimal di lingkungan tempat tinggalnya. Ia pun berinisiatif untuk membuka Bank Sampah di Perumahan Muslim Al-Falah 3, Tangsel.

Melalui program Bank Sampah, pria kelahiran Serang, 01 Juni 1975 ini ingin mengubah cara pandang masyarakat terhadap sampah serta mendidik masyarakat tentang bagaimana cara mengelola sampah. Sehingga, selain memanfaatkan sampah sebagai kerajinan, masyarakat juga dapat ikut serta dalam menyehatkan lingkungan.

Muhtadi mengatakan, program Bank Sampah ini memiliki fungsi sebagai pemberdayaan masyarakat terhadap sampah, “Artinya, masyarakat dilatih dan diberi pemahaman tentang potensi sampah yang layak jual. Selain itu, masyarakat juga dapat berperan aktif dalam proses pengelolaannya,”  jelas mantan Redaktur Pelaksana Majalah INSTITUT periode 1995-1996

Ia pun menuturkan, sistem yang digunakan dalam Bank Sampah adalah sistem tabungan. Masyarakat bisa datang membawa sampah unorganic ke Bank Sampah untuk dijual. Lalu, sampah tersebut ditimbang dan dicatat harganya di buku tabungan. “Setelah satu tahun, masyarakat baru bisa mengambil uang tabungannya,” katanya.

Menurut Muhtadi, masyarakat sangat antusias dengan hadirnya Bank Sampah di lingkungan mereka. Hal itu terbukti ketika selesai pengajian ibu-ibu, mereka memungut sampah plastik bekas air mineral di sekitar tempat pengajian untuk dijual ke Bank Sampah.

Namun, mengelola Bank Sampah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, Muhtadi harus berjuang dan tekun agar Bank Sampah dapat terus berjalan. Ia bercerita, dirinya sempat bersitegang dengan para pemulung yang tidak suka dengan hadirnya Bank Sampah, karena dianggap mengurangi penghasilan mereka.

“Pada akhirnya kami dapat menyelesaikan masalah tersebut secara damai, dan Bank Sampah dapat tetap berjalan,” tutup mantan Staf peneliti Lembaga Penerangan, Pelatihan dan Penelitian Ekonomi dan Sosial  (LP3ES) Jakarta periode 2002-2004.

(Mualiyah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Muhtadi: Memberdayakan Masyarakat Melalui Sampah
Muhtadi: Memberdayakan Masyarakat Melalui Sampah
Memberdayakan Masyarakat Melalui Sampah
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/v/1524640_779284385431598_294164305_n.jpg?oh=170db10e0b6444c8ade1750608ea93a4&oe=52B7D8BE&__gda__=1387791058_2f482ff0cb29a954c218995181cea1b2
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/12/muhtadi-memberdayakan-masyarakat.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/12/muhtadi-memberdayakan-masyarakat.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago