Archive Pages Design$type=blogging

Minggu Tekun, Mahasiswa Masih Sibuk Kuliah


Dalam buku Pedoman Akademik  program strata satu (S1), bagian kalender akademik Universitas Islam Negrei (UIN) Jakarta tahun 2013/2014, terjadwal, minggu tekun dimulai dari 16 hingga 21 Desember. Namun, realitanya berbeda, minggu tekun sama sekali tak ada.

Senin (16/12) terlihat masih banyak mahasiswa yang sibuk dengan presentasi makalah dan kuliah tambahan. Banyak mahasiswa yang mengeluh, karena dosen sering tidak masuk kelas, sehingga perkuliahan tidak mencapai 14 pertemuan. Dosen pun menggunakan minggu tekun untuk mengganti perkuliahan yang ia tinggalkan.

Sementara itu, beberapa dosen juga melakukan Ujian Akhir Semester (UAS) di saat minggu tekun. Akibatnya, mahasiswa kurang melakukan persiapan untuk menghadapi UAS. Sejatinya, Minggu tekun adalah satu pekan di mana mahasiswa bebas dari segala aktivitas perkuliahan.

Minggu tekun bertujuan agar mahasiswa dapat mengoptimalkan diri untuk belajar dengan giat, sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Mungkin begitulah gambaran bagaimana seharusnya minggu tekun dijalankan. Jika melihat kampus lain seperti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK AMIKOM) Surakarta, mereka konsisten dengan pemberlakuan peraturan minggu tekun. STMIK AMIKOM tidak memperbolehkan adanya aktivitas perkuliahan selama minggu tekun, baik Ujian Tengah Semester (UTS) dan UAS.

Lalu, bagaimana dengan pemberlakuan minggu tekun di UIN Jakarta? UIN Jakarta tidak tegas dengan peraturan yang sudah dibuatnya. Seharusnya, semua elemen yang berada di bawah kelembagaan UIN Jakarta mematuhi dan menjalankan sistem yang sudah ditetapkan. Minggu tekun jelas hak mahasiswa yang harus dipenuhi.

Setiap semester, mahasiswa harus membayar biaya perkuliahan untuk mendapat ilmu dari dosen. Nyatanya, hak mahasiswa untuk mendapat ilmu tidak maksimal, dosen sering melakukan dinas luar dan meninggalkan perkuliahan. Dosen seharusnya bertanggung jawab terhadap pembelajaran mahasiswa, hak mahasiswa untuk mendapatkan ilmu harus tetap dipenuhi. (Siti Mualiyah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Minggu Tekun, Mahasiswa Masih Sibuk Kuliah
Minggu Tekun, Mahasiswa Masih Sibuk Kuliah
https://4.bp.blogspot.com/-BQYpzd00oC8/WBpaJnOKNtI/AAAAAAAAIhc/pPTeUUnPcmw_UBURGJVRPrqzWWp3LrCeQCLcB/s400/minggu%2Btekun.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-BQYpzd00oC8/WBpaJnOKNtI/AAAAAAAAIhc/pPTeUUnPcmw_UBURGJVRPrqzWWp3LrCeQCLcB/s72-c/minggu%2Btekun.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/12/minggu-tekun-mahasiswa-masih-sibuk.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/12/minggu-tekun-mahasiswa-masih-sibuk.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago