Archive Pages Design$type=blogging

Debat, Jadikan Mahasiswa Membuka Pikiran



UIN Jakarta, INSTITUT- Dalam rangka menyambut hari jadinya yang ke lima, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, menyelenggarakan serangkaian acara dengan tema UIN Lawyer 2013. Salah satunya adalah lomba debat memperebutkan piala bergilir Prof. Dr. Muhammad Tahir Azhari, S.H,.

Debat yang bertema Membangun Sikap Kritis Terhadap Permasalahan Kemasyarakatan berlangsung dari Rabu (6/11) hingga Selasa (12/11). Acara tersebut diikuti oleh tujuh tim. Empat tim berasal dari FSH, satu tim dari Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM) dan dua tim dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Masing-masing tim terdiri dari tiga orang.

Menurut Ketua Panitia lomba debat, Zaimi Multazim, debat ini bertujuan membuka pikiran mahasiswa agar memandang suatu permasalahan tak hanya dari aspek ilmu hukum, melainkan juga dari berbagai aspek. “Awalnya, kita (HMPS Ilmu Hukum) mengadakan lomba debat tingkat fakultas yang pembahasannya lingkup ilmu hukum saja. Dari situ, kita ingin mengembangkan lagi tema besar yang mencangkup berbagai aspek,” ungkapnya, Rabu (6/11).

Zaimi menambahkan, tema yang menjadi pembahasan dalam debat berkaitan dengan kabar kekinian yang terjadi di masyarakat, seperti komersialisasi manajemen ustaz, kebijakan mobil murah, dan pengamanan museum berstandar perbankkan. Tema pengamanan museum berstandar perbankkan menjadi bahan perdebatan antara tim Fatahillah yang berasal dari FSH dan tim HOS Tjokroaminoto dari FIDKOM pada Rabu (6/11).

Menurut tim Fatahillah sebagai tim Pro, fenomena kehilangan artefak yang belakangan ini terjadi di museum Fatahillah disebabkan keamanan museum yang belum berstandardisasi. Mereka mengungkapkan harus adanya keamanan ketat seperti yang dilakukan oleh bank, agar tidak adanya tindak pencurian.

Lain halnya dengan tim Kontra, menurut pandangan mereka, bukan masalah keamanan yang menjadi penyebab utama, melainkan masalah sumberdaya manusia yang masih kurang. “Dibutuhkan orang yang nggak cuman punya skill, tapi benar-benar orang yang memang memahami dan mencintai sejarah,” tegas salah satu peserta saat debat yang berlangsung di teater lantai 6 FSH.

Dewan Juri dalam debat ini adalah Nurohim Yunus, Ahmad Bahtiar, dan Fitria. Ketiganya merupakan dosen FSH. Turut hadir pula, Kepala Prodi (Kaprodi) Ilmu Hukum, Djawahir Hejaziey, dan Sekretaris Kaprodi, Abu Tamrin.

Tak hanya lomba debat antar mahasiswa, acara UIN lawyer 2013 yang berlangsung dari Senin (4/11) hingga Jumat (15/11) pun turut dimeriahkan berbagai lomba lainnya. Seperti lomba Stand Up Comedy, Pameran Foto, Pertandingan Futsal, Bazar Anti Korupsi, Seminar Nasional dan Rhetoric Forum. (Ela)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Debat, Jadikan Mahasiswa Membuka Pikiran
Debat, Jadikan Mahasiswa Membuka Pikiran
https://2.bp.blogspot.com/-ugPCJM-pNio/WB4xthGbHiI/AAAAAAAAIlc/a41CDF_5Kk40jPzgaCP9V2TUoLyXsu4OwCLcB/s400/debat.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ugPCJM-pNio/WB4xthGbHiI/AAAAAAAAIlc/a41CDF_5Kk40jPzgaCP9V2TUoLyXsu4OwCLcB/s72-c/debat.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/11/debat-jadikan-mahasiswa-membuka-pikiran_2944.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/11/debat-jadikan-mahasiswa-membuka-pikiran_2944.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago