Archive Pages Design$type=blogging

Selesaikan Masalah dengan Berpikir Matematik



UIN Jakarta, INSTITUT- Di era kemajuan ilmu pengetahuan sains dan teknologi. Setiap orang dituntut untuk mampu bersaing secara global. Salah satu cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), melalui sistem pendidikan yang bisa mengembangkan kerangka berpikir, salah satunya yaitu berpikir matematik.

Kusnandi, Dosen Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengatakan, kemampuan berpikir matematik bukan hanya untuk orang yang mendalami matematika, tapi untuk semua kalangan. Dalam materi yang berjudul “Tinjauan Teoritis Tentang Kemampuan Berpikir Matematik”, ia mengatakan, ada tiga aktivitas matematik, yaitu pemahaman, investigasi, dan kebenaran.

Lanjutnya, problematika kehidupan akan mudah diselesaikan jika seseorang berpikir secara matematik. Karena setiap permasalahan yang sedang dihadapi dipresentasikan dengan dua huruf, yaitu p dan q. p adalah sebab-sebab, sedangkan q adalah konklusi atau kesimpulan. Rumusnya adalah p→q, yaitu jika p benar dan q benar, maka p→q benar.

Kusnandi memberi contoh berpikir matematik, banyaknya pejabat pemerintah yang melakukan korupsi, karena mereka tidak melakukan salat dengan benar. Misalnya, salat dinotasikan dengan p dan tindakan dinotasikan dengan q, maka jika p benar, q pun benar.

“Jika seseorang masih asal-asalan dalam melakukan salat. Mereka pun masih akan terpengaruh untuk melakukan hal yang tidak baik,” ujarnya dalam seminar “Mengembangkan Kebiasaan Berpikir Matematik” di Auditorium Prof. Harun Nasution, Rabu (23/10).

Dalam berpikir matematik, ia menuturkan, ada metode berpikir deduktif dan induktif. Deduktif, yaitu menarik permasalahan yang bersifat umum, lalu ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Sedangkan, induktif  adalah kebalikan dari deduktif, menarik hal-hal khusus menjadi umum.

Sementara itu, Ahmad Mudrika, Guru di salah satu Pondok Pesantren di Bandung mengatakan, orang yang berpikir matematik bisa menerima perubahan. Misalnya kurikulum 2013, “Kita jangan dulu menolak, perubahan kurikulum adalah sebuah keniscayaan. Tapi, kalau dalam pelaksanaannya tidak tepat, baru kita koreksi,” ujarnya.

Mudrika mengatakan, kurikulum 2013 akan menerapkan sistem scientific approach atau pendekatan sains yang menitikberatkan pada observing (mengamati), questioning (menanya), associating (menalar), experimenting (mencoba), dan networking (mengkomunikasikan atau membentuk jejaring).

Sistem pembelajaran bukan lagi teacher oriented tapi student oriented. Siswa tidak lagi menghafal materi pelajaran, tapi belajar membangun sendiri pengetahuannya dan menyelesaikan permasalahan. “Bukan saatnya lagi guru menyuruh siswa mengerjakan LKS, lalu pergi. Kalau seperti itu mending tidak usah jadi guru,” ujarnya.

Ia pun menyarankan, sebelum proses pembelajaran guru harus membuat skenario untuk mengarahkan siswa dalam membangun pengetahuan. Guru pun harus menggali kesalahan yang dilakukan siswa agar mereka bisa mengetahui mana yang benar dan salah. (Anas)
Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Selesaikan Masalah dengan Berpikir Matematik
Selesaikan Masalah dengan Berpikir Matematik
https://4.bp.blogspot.com/-5weewEx0V44/WB47PX7JZqI/AAAAAAAAImQ/2BcDJaRpwo0y5fUzdIeEB8BrVrcdnYX_ACLcB/s400/masalah.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-5weewEx0V44/WB47PX7JZqI/AAAAAAAAImQ/2BcDJaRpwo0y5fUzdIeEB8BrVrcdnYX_ACLcB/s72-c/masalah.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/10/selesaikan-masalah-dengan-berpikir.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/10/selesaikan-masalah-dengan-berpikir.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago