Archive Pages Design$type=blogging

Koperasi, Bukan Sekadar Usaha


Tidak seperti lembaga usaha lainnya, orientasi dunia koperasi bukan hanya sekedar mencari keuntungan. Selain bergerak pada dunia ekonomi, koperasi juga berkaitan erat dengan aspek sosial dan budaya.

Hal tersebut diutarakan oleh Staf Kajian Perkoperasian Lembaga Studi Pengembangan Koperasi Indonesia, Firdaus Putra, dalam  seminar yang bertemakan Koperasi Sebagai Instrumen Penguat Ekonomi Rakyat. Acara  yang berlangsung di Aula Student Center (SC) itu diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma).

Itulah sebabnya, lanjut Firdaus, berbicara tentang koperasi berarti berbicara pula tentang ideologi. Hal demikian juga yang menyebabkan adanya pergerakan tentang koperasi dan koperasi internasional.

Seminar yang diadakan pada Selasa (1/10) tersebut juga menghadirkan Suku Dinas (Sudin) Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM), Ainur Rofiq. Dalam presentasinya, Ainur mengatakan, sebagai bagian dari dunia kampus, sudah seharusnya koperasi mahasiswa mendukung kegiatan akademis.

Misalnya, tambah Ainur, koperasi mahasiswa mensponsori kegiatan penelitian kampus. “Seperti yang dilakukan oleh koperasi mahasiswa Institut Teknologi Surabaya (ITS),” katanya. Jika penelitian tersebut menghasilkan suatu produk, koperasi mahasiswa dapat mempatenkannya.

Di sisi lain, ketua pelaksana, Hadi Nugra dalam sambutannya mengatakan, koperasi merupakan lemabaga usaha yang paling sesuai dengan sistem perekonomian Indonesia. Hal itu disebabkan karena asas koperasi sesuai dengan asas perekonomian yang tertera dalam konstitusi Indonesia, yaitu asas kekeluargaan.

Selain itu, koperasi juga ikut membantu dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk koperasi mahasiswa. Namun sayangnya, baik rakyat maupun mahasiswa belum banyak melirik dunia koperasi. Hal itu disebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang koperasi.

Oleh karena itu, tambahnya, seminar ini merupakan salah satu usaha untuk mengenalkan koperasi secara lebih mendalam, khususnya kepada mahasiswa. Ia juga berharap, acara yang menjadi bagian dari rangkaian perayaan hari jadi Kopma ini dapat membuka wawasan mahasiswa terhadap dunia wirausaha.

(Siti Ulfah Nurjanah)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Koperasi, Bukan Sekadar Usaha
Koperasi, Bukan Sekadar Usaha
https://2.bp.blogspot.com/-S8IM2dLbMrg/WB5FRTFpYSI/AAAAAAAAInw/xknfg7aOhmYgg3XBFhiqlxAPjlG863XFACLcB/s320/fisip.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-S8IM2dLbMrg/WB5FRTFpYSI/AAAAAAAAInw/xknfg7aOhmYgg3XBFhiqlxAPjlG863XFACLcB/s72-c/fisip.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/10/koperasi-bukan-sekedar-usaha.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/10/koperasi-bukan-sekedar-usaha.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago