Archive Pages Design$type=blogging

Debat Bukan Sekadar Adu Argumen


Dalam lomba debat Rekonstruksi Dinamisasi Sosial dan Politik dalam Bingkai Berbangsa Bernegara yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) pada Rabu-Kamis (2-3/10) tak hanya ajang adu argumen semata. Salah satu perlombaan yang digelar dalam rentetan acara FISIP DAYS 2013 tersebut bermaksud menggugah mahasiswa agar lebih kritis ketika melihat fakta sosial politik yang terjadi saat ini.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Lomba Akademik, Masmuhah, Kamis (3/10). Menurut Oca, panggilan akrabnya, mahasiswa seharusnya selalu bisa menganalisis terkait persoalan sosial politik yang terjadi. Tidak hanya sebatas mengikuti arus yang telah ada.

Dalam lomba ini, lanjut Oca, peserta dituntut untuk memahami teori-teori yang berkaitan dengan tema debat, kemudian membenturkan dengan fakta yang tengah terjadi saat ini. “Dalam lomba ini memang memakai teoritis dan fakta sebagai landasannya,” kata Oca.

Lomba debat yang diikuti oleh 8 kelompok dari berbagai perguruan tinggi se-Jabodetabek itu mendapat apresiasi dari banyak pihak, salah satunya peserta dari Jurusan Hubungan Internasional semester 3, Ash Siddiq. Ia mengaku, dengan adanya perlombaan debat ini dirinya menjadi semakin mantap untuk mengikuti lomba debat selanjutnya. 

“Dalam debat ini musuh kita tidak hanya dari UIN, hal itu bisa menjadi motivasi tersendiri,” ungkapnya ketika ditemui selepas  berdebat melawan peserta dari Universitas Indonesia (UI).

“Bagus sekali acara seperti ini, tapi sayang informasi dari panitia kurang merata, jadi pesertanya hanya sedikit. Mungkin akan lebih menarik jika para penonton juga diajak untuk berpartisipasi, agar perdebatannya lebih hidup,” ungkapnya.

Senada dengan Siddiq, Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik Semsester 3, Faqih Nur Sofyan juga mengungkapkan apresiasinya. Menurut Faqih, lomba seperti ini secara tidak langsung merangsang daya kritis mahasiswa dalam melihat fenomena sosial politk yang terjadi dalam kampus ataupun dalam tataran Indonesia. (Selamet Widodo)

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Debat Bukan Sekadar Adu Argumen
Debat Bukan Sekadar Adu Argumen
https://4.bp.blogspot.com/-CmqRIHjIw8s/WB5Ep__t4DI/AAAAAAAAIno/WHFNZFwVSXgqTnO032JYCiHI6mQjmo1egCLcB/s400/ui.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-CmqRIHjIw8s/WB5Ep__t4DI/AAAAAAAAIno/WHFNZFwVSXgqTnO032JYCiHI6mQjmo1egCLcB/s72-c/ui.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/10/debat-bukan-sekadar-adu-argumen.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/10/debat-bukan-sekadar-adu-argumen.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago