Archive Pages Design$type=blogging

Corak Keberagamaan dalam Dunia Profesional


“Yang terpenting itu bukan agama a atau agama b, tapi bagaimana agama bisa membawa manusia pada kebahagiaan,” Itulah sepenggal perkataan Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Driyakarya Jakarta Budhy Munawar Rahman, saat mengisi materi pada acara Studium General Program Studi Perbandingan Agama di Teater Lt 4 Fakultas Ushuludin, Rabu (2/10).

Acara itu juga dihadiri oleh Dosen Universitas Paramadina Muhamad Ihsan Ali Fauzi, Dekan Fakultas Ushuludin Zainun Kamal, dan Ketua Prodi Perbandingan Agama M. Nuh Hasan yang juga menjadi moderator pada acara tersebut.

Dalam Studium General yang bertema Menelusuri Corak Keberagamaan di Kalangan Kaum Profesional ini, Budhy menuturkan, corak keberagamaan sangat penting untuk dipahami mahasiswa. Karena jika tidak, mahasiswa akan larut oleh mode para professional.

“Semua perusahaan besar punya lembaga dakwah, tapi sebelum itu kita harus paham dulu corak agama mereka seperti apa,” ujarnya, Rabu, (2/10). Menurut Budhy, tradisional, puritan, fundametalis, modern, dan liberal merupakan corak keberagamaan yang berkembang di berbagai perusahaan.

Ia menjelaskan, corak keberagamaan tradisional mulai ditinggalkan, karena dianggap kuno dan tidak cocok diterapkan di perusahaan. Sedangkan, corak puritan merupakan corak keberagamaan yang paling banyak menguasai berbagai perusahaan. Namun, corak ini memiliki kelemahan yaitu membedakan antara muslim dan non muslim. Maka, sedikit demi sedikit perusahaan-perusahaan beralih ke corak keberagamaan yang modern.

Ia juga mengatakan, kaum profesional adalah mereka yang berpikir secara efisensi, mengurangi hal-hal yang sia-sia dan tidak berguna, dan mereka yang berpikir tentang out put. Menurut Budhy, manusia pada dasarnya suka bekerja, bisa mengelola diri, kreatif, mau belajar, punya inisiatif,  dan suka membantu.

“Mahasiswa harus paham betul karakter individu-individu dalam perusahaan , agar bisa survive dan mendapatkan manfaat,” katanya. Budhy menambahkan, dunia profesional itu berubah dari masa ke masa, dan kantor yang satu berbeda dengan kantor yang lain.

Senada dengan Budhy, Dosen Universitas Paramadina  Muhamad Ihsan Ali Fauzi mengatakan, dalam dunia profesional seseorang tidak hanya harus mengikuti kebiasaan kaum profesional tapi juga bisa mengubahnya. Menurutnya, kaum Profesional itu Konsumtif, “Konsumtif boleh tapi jangan melulu konsumtif,” tegasnya, Rabu (2/10).

Ia juga mengatakan, kaum professional itu ngehe, dalam arti banyak terjadi kasus korupsi di kalangan kaum profesional. Kaitannya dengan agama, Ihsan melanjutkan, agama sangat melarang korupsi, tapi banyak agamawan yang korup. “Pada kenyataannya kementrian paling korup di Indonesia adalah Kementrian Agama, partai pun demikian,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Perbandingan Agama, M. Nuh Hasan mengutarakan, tujuan diadakannya Studium General ini untuk memahami subtansi agama  di kalangan profesional. Selain itu, acara ini juga ditujukan kepada mahasiswa Perbandingan Agama agar bisa eksis di masa depan yang semakin menuntut untuk hidup professional.

Ia berharap, mahasiswa-mahasiwa Perbandingan Agama mengerti dan memahami orientasi agama yang tidak hanya bersifat formal tapi juga mengerti konteks agama di kalangan profesional. “Mahasiswa harus bisa menawarkan corak keberagamaan di kalangan professional, sehingga tidak tersisih oleh perkembangan zaman,” tuturnya, Rabu (2/10). A. Sayid Muarief

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Corak Keberagamaan dalam Dunia Profesional
Corak Keberagamaan dalam Dunia Profesional
https://4.bp.blogspot.com/-p3BM7x6PG60/WB5F53lbM7I/AAAAAAAAIn0/2uD_Mo4cCBUKlcYutB3FBHCFiLtiLd9TQCLcB/s400/studium%2Bgeneral.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-p3BM7x6PG60/WB5F53lbM7I/AAAAAAAAIn0/2uD_Mo4cCBUKlcYutB3FBHCFiLtiLd9TQCLcB/s72-c/studium%2Bgeneral.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/10/corak-keberagamaan-dalam-dunia.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/10/corak-keberagamaan-dalam-dunia.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago