Archive Pages Design$type=blogging

Institusi Pendidikan Bukan Hotel Prodeo

Rastogi Raju (Sharman Joshi) salah satu murid di perguruan tinggi Imperial College of Engineering (ICE) di India. Ia memutuskan untuk bunuh diri. Hal itu, ia lakukan karena ia merasa tertekan dengan sikap Viru Sahasatrabuddhe (Boman Irani) atau Virus sebagai Rektor ICE.

Sikap Virus yang otoriter membuat mahasiswanya banyak sekali yang tertekan. Salah satunya dialami Raju. Ia merasa depresi saat harus memilih di antara dirinya atau sahabatnya Rancho yang akan dikeluarkan dari ICE. Raju yang bingung, memilih jalan keluar dengan bunuh diri. Ia jatuh dari kantor Virus yang berada di lantai 3.

Setelah mengalami kejadian yang membuat Raju dirawat intensif di Rumah Sakit. Raju semakin bertekad untuk segera menyelesaikan pendidikannya di ICE. Ia memutuskan untuk mendapatkan pekerjaan demi memperbaiki kondisi ekonomi keluarganya.

Tiga orang idiot yang dijuluki oleh Virus, akhirnya berhasil lulus. Rancchoddas Chancad (Aamir Khan) dengan nilai terbaik, sedangkan Raju dan Farhan Qureshi (R. Madhavan) lulus dengan nilai terbawah. Mereka bertiga memiliki kedekatan persahabatan semenjak pertama menginjakkan kaki di ICE.

Saat mengabadikan momen kelulusan, Virus mengurutkan tingkatan mahasiswa berprestasi hingga yang memiliki nilai terbawah. Hal tersebut tentu saja membuat Rancho memprotes keputusan Virus, menurutnya hal tersebut akan menimbulkan perpecahan.

Film yang disutradarai Rajkumar Hirani dikemas menggunakan latar belakang institusi pendidikan serta mengandung nilai pendidikan. Dalam film tersebut mahasiswa dituntut lulus dengan memperoleh nilai yang bagus. Bahkan mereka diajarkan menghafal isi buku tanpa memahami dan menerapkan terhadap materi yang telah diperoleh.

Tak hanya mengkrtisi nilai pendidikan di perguruan tinggi, film yang berdurasi 163 menit ini mengandung nilai pendidikan yang sebaiknya dilakukan orang tua. Biasanya orang tua memaksakan kehendak anaknya tanpa memikirkan minat dari anaknya.

Selain itu, nilai lainnya yang terkandung dalam film tersebut yaitu nilai kebudayaan yang biasa diterapkan oleh masyarakat. Masyarakat sering kali menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengejar tiga hal yaitu, nilai, kelulusan dan pekerjaan.

3 idiot menyiratkan pesan-pesan kehidupan tentang persahabatan antar sesama manusia. Meskipun mengalami berbagai permasalahan yang dilalui, seorang sahabat tak akan pernah meninggalkan kita. Senang dan susah akan dilalui bersama.
Lihat review-nya disini:

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Institusi Pendidikan Bukan Hotel Prodeo
Institusi Pendidikan Bukan Hotel Prodeo
https://1.bp.blogspot.com/-RVS4fib8rzQ/UiSSEijBhfI/AAAAAAAACUo/BOSLO5B9zVQ/s400/3_idiots_8631591.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RVS4fib8rzQ/UiSSEijBhfI/AAAAAAAACUo/BOSLO5B9zVQ/s72-c/3_idiots_8631591.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/09/institusi-pendidikan-bukan-hotel-prodeo.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/09/institusi-pendidikan-bukan-hotel-prodeo.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago