Archive Pages Design$type=blogging

Makna Tersembunyi di Balik Sastra


Judul Buku                  : Darah-Daging Sastra Indonesia
Pengarang                  : Damhuri Muhammad
Penerbit                      : Jalasutra Anggota IKAPI
Tahun Terbit                : Maret 2010
Tebal Buku                  : 168 hlm
ISBN                           : 978-602-8252-34-8

Membaca teks sastra dalam arti paling lugu adalah menikmatinya. Tetapi, betapa tak beruntungnya nasib sastra tersebut bila sastra hanya berakhir untuk sebagai pemuasan hasrat pembacanya saja. Maka dari itu, teks sastra bukan hanya sebatas untuk dinikmati, tetapi juga menangkap makna yang tersembunyi hingga dapat dimengerti, dihayati dan diintrepetasikan.

Namun, pergulatan kelahiran kesusastraan Indonesia sampai saat ini belum kunjung ditemukan. Nirwan Dewanto misalnya, ia mempertanyakan apakah sejarah sastra masih diperlukan? Perdebatan di antara kritukus sastra mengenai kelahiran kesusastraan Indonesia terus diperbincangkan. 

Perdebatan mengenai sejarah sastra banyak ditemui dalam esai Darah-Daging Sastra Indonesia. Banyak argumen yang disertai dengan data yang kuat menambah sulitnya menentukan kelahiran sastra. Dalam buku ini, digambarkan bahwa kesusastraan Indonesia ibarat sebuah pohon yang besar, tetapi tidak diketahui keberadaan akar pohon tersebut.

Dalam buku yang merupakan kumpulan esai ini, Damhuri melihat banyak kekeliruan, kesusastraan Indonesia pada masa penjajahan Jepang banyak menenggelamkan nama para sastrawan Indonesia. Di antara nama tersebut adalah Merayu Sukma dan Muhammad Dimiyati yang karyanya banyak berperan pada masa itu. 

Hal tersebut mendasari Damhuri Muhammad dalam menulis esainya. Judul esai yang juga menjadi judul pada buku ini memberikan pandangan yang berbeda dengan kritikus sastra lainnya. Pada buku ini, sejarah sastra dianggap sangatlah penting untuk menentukan sebuah sastra yang beridentitas dan orisinal.

Buku Darah-Daging Sastra Indonesia ini menyajikan kumpulan esai yang ditulis oleh Damhuri. Sekitar tiga puluh delapan esai ditulis dalam empat sub judul, salah satunya Sastra Indonesia, Mau Ke Mana? Pula, Damhuri menulis esai tentang Sastra Islami, Sastra Idol, Nasionalisme Sastra Pinggiran dan masih banyak lagi.

Buku ini ditulis dalam situasi gamang karena kesemena-menaan subyektif kritikus. Kesemenaan tersebut membuat sastra kian jauh dari harapan. Kritikus sastra berperan mengupas setiap teks sastra, hingga ke dalaman jelajah tematik dan estetik pada sastra tersebut.

Penulis secara eksplisit mengungkapkan gagasannya di setiap tulisannya. Hal itu membuat buku tersebut sangat mudah dipahami pembaca. Ditambah dengan tulisan esai yang ada dalam buku tersebut merupakan perbincangan yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan sastra Indonesia. (Adi Nugroho)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Makna Tersembunyi di Balik Sastra
Makna Tersembunyi di Balik Sastra
https://4.bp.blogspot.com/-STZd1ekET1o/Udrh5_Ex_II/AAAAAAAACM8/2GGucyRzUGw/s320/darah+daging,+damhuri-500x500.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-STZd1ekET1o/Udrh5_Ex_II/AAAAAAAACM8/2GGucyRzUGw/s72-c/darah+daging,+damhuri-500x500.jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/07/makna-tersembunyi-di-balik-sastra_8181.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/07/makna-tersembunyi-di-balik-sastra_8181.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago