Archive Pages Design$type=blogging

Jejak Langkah Kaki Sang Pelukis



 
Beberapa pengunjung sedang melihat lukisan di pameran Galeri Cipta III Taman Ismail Marzuki, Senin (8/7)

Jakarta, INSTITUT- Sosok berfigur Buddha sedang bersemedi di tengah lingkaran Yin dan Yang terlukis di atas kanvas berukuran 150 cm x 100 cm. Di sekeliling lingkaran Yin dan Yang terdapat 32 simbol manusia dengan berbagai macam gaya bentuk yoga. Lukisan yang berjudul “Mencari Keseimbangan” itu terpajang di dinding ruangan Galeri Cipta III di Taman Ismail Marzuki, Senin (8/7).

Dalam lukisan tersebut, Idris Brandy sebagai pelukisnya ingin menceritakan tentang usaha manusia yang terus mencari keseimbangan dalam dirinya sendiri, tanpa menyadari bahwa lingkungan lah yang harus ia imbangi. Pameran tunggal perdana yang bertema “Footages” ini sebagai bentuk jejak awal perjalanan kesenirupaan Idris dari awal hingga saat ini. 

Pria kelahiran 1 Februari 1980 ini banyak memunculkan simbol manusia menampilkan 29 karya lukisnya. Kurator lukisan, Merwan Yusuf mengatakan, setiap karya lukisan Idris banyak berpegang pada tataran filosofis, seakan ia mempertanyakan arti kehidupan manusia dan hubungan antara pribadi manusia satu dengan manusia lainnya.

Misalnya, dalam lukisan yang berjudul “Bebaskan Kebebasan” menggambarkan sesosok manusia berwarna ungu terbungkus seperti kepompong, dan banyak manusia lain yang mengitari kepompong tersebut. Merwan menjelaskan, lukisan itu sebagai manifestasi dari usaha manusia yang selalu mencari arti kebebasan dalam hidup, tetapi sebenarnya kebebasan itu terbungkus oleh nilai etika dan peraturan hukum.

Lalu, lukisan berjudul “Bayi Merah Putih” bercerita tentang seorang bayi baru yang lahir harus siap berkompetisi dengan manusia lainnya. Lalu, dengan semangat nasionalisme, ia harus berkompetisi pada tatanan global dengan bangsa lain. Hal itu tergambar dengan seorang bayi berkulit putih yang berada di alam lingkaran berwarna merah.

Pada lukisan “Bergantung Pada Waktu” menggambarkan delapan sosok sedang berlomba menaiki tangga yang terbuat dari tali menuju sebuah jam berukuran besar yang berbentuk bulat. 

Sembari berfoto dengan salah satu lukisan, salah satu pengunjung, Indra Kurniawan mengatakan, ia terkesan saat melihat lukisan karya Idris. “Lukisannya bagus, unik, penggunaan warna di lukisan juga kuat. Makna filosofisnya juga kuat, seperti lukisan manusia di dalam botol,” paparnya sumringah. (Anastasia Tovita)

COMMENTS

Name

cerpen Citizen Journalism english edition Kampusiana Komunitas Lapsus Laput majalah newsletter opini Pemira perjalanan puisi Resensi Buku Resensi Film Seni dan Budaya Sosok survei tabloid tustel wawancara
false
ltr
item
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA: Jejak Langkah Kaki Sang Pelukis
Jejak Langkah Kaki Sang Pelukis
http://2.bp.blogspot.com/-b9nLNiqPwsQ/UeLREH79B9I/AAAAAAAACPI/VY1Vf_C26cA/s320/Pengunjung+sedang+melihat+karya+lukisan+di+Galeri+Cipta+III,+Senin+(8-7)..jpg
http://2.bp.blogspot.com/-b9nLNiqPwsQ/UeLREH79B9I/AAAAAAAACPI/VY1Vf_C26cA/s72-c/Pengunjung+sedang+melihat+karya+lukisan+di+Galeri+Cipta+III,+Senin+(8-7)..jpg
LPMINSTITUT.COM - UIN JAKARTA
http://www.lpminstitut.com/2013/07/jejak-langkah-kaki-sang-pelukis_14.html
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/
http://www.lpminstitut.com/2013/07/jejak-langkah-kaki-sang-pelukis_14.html
true
8610555321436781924
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago